Kalian sering merasa susah tidur? Cobain deh beberapa trik biar bisa cepat tidur. Cuma dalam hitungan detik aja gengs.

Tertidur cuman dalam hitungan detik, emang bisa ya? Ya bisa aja sih, apalagi kalo lagi capek banget setelah seharian beraktivitas. 

Masalahnya, banyak dari kita yang kesulitan tidur malam sesuai dengan porsinya. Biasanya sih karena beban pikiran entah pekerjaan di kantor atau tugas-tugas yang harus kita selesaikan.

Parahnya nih, kita bisa aja 'berkawan' dengan insomnia. Buat sebagian orang, insomnia sungguh menyiksa.

Meski begitu, peneliti yakin bahwa kita sebetulnya bisa kok tertidur dalam hitungan detik aja. Tanpa minum obat tidur atau melakukan hal-hal aneh sekalipun.

Dikutip dari laman Bright Side, cobain nih, trik-trik biar cepat tidur dalam hitungan detik. Tapi ya nggak usah dihitung juga detiknya, malah nggak tidur-tidur nanti, hehehe.

1. Tertidur dalam waktu 10 detik

1. Tertidur dalam waktu 10 detik Pokoknya coba tidur dalam posisi terlentang dulu gengs (medicalnewstoday.com)

Kalian susah tidur? Pengin nggak biar bisa cepet tidur dalam waktu cuma 10 detik doang? Gampang!

Trik cepat tidur macem ini bisa dilakukan dengan cara menutup mata kita dan membiarkan seluruh tubuh terasa rileks. Kalian cukup tarik napas panjang lalu buang secara perlahan.

Tapi ingat, posisi tubuh kita bener-bener harus terlentang dengan tangan terbuka. Pastikan posisi punggung tangan kita juga harus berada di bawah dan telapak tangan di atas. Cobain deh, karena trik tidur ini biasa dilakukan oleh para anggota militer.

2. Tidur dalam waktu 60 detik

2. Tidur dalam waktu 60 detik Tidur dalam 60 detik juga bisa nih (braintraining101.com)

Trik cepat tidur selanjutnya adalah latihan pernapasan yang dirancang oleh Dr. Andrew Weil. Metode tidur ini dikembangkan Dr. Weil berdasarkan teknik pranayama yoga awal (teknik pernapasan). 

Teknik ini akan membantu seseorang untuk mengendalikan pernapasan dan reaksi mereka. Kita cuma perlu melatihnya secara rutin, setiap hari lebih baik. Sebab, teknik ini tentu akan membuat kita jadi rileks dalam waktu singkat. Teknik ini disebut juga sebagai teknik 4-7-8.

Caranya, pertama, pisahkan bibir dan buang napas sepenuhnya melalui mulut kalian. Setelah itu, tutup bibir kalian dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung.

Saat melakukan ini, hitunglah hingga 4 detik. Tahan napas selama 7 detik dan rileks. Saat membuang napas, kalian juga perlu membuang napas hingga membuat suara berdesis selama 8 detik.

3. Tidur dalam waktu 60 detik

3. Tidur dalam waktu 60 detik Cobain juga nih teknik 4-7-8 (discovermagazine.com)

Beda dengan teknik 4-7-8 tadi, teknik tidur dalam waktu 60 detik ini akan melibatkan penegangan dan pengenduran otot. Teknik tidur cepat ini dikembangkan oleh Edmund Jacobson pada tahun 1930-an silam.

Caranya, pertama, kencangkan lengan kalian selama 5 detik. Kemudian, buatlah jadi rileks selama 10 detik. Kalo lengan udah, sekarang giliran dahi, lakukan seperti tadi.

Sesi ini dilanjutkan dengan menegangkan otot di pipi, lalu buat jadi rileks juga. Rapatkan mulut dan rahang kalian, lalu bikin rileks. Ulangi teknik ini selama 60 detik dan kalian gak sadar tiba-tiba udah tidur aja.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations