CEK FAKTA: Minum Air Dingin Saat Haid Bisa Sebabkan Kista?

CEK FAKTA:  Minum Air Dingin Saat Haid Bisa Sebabkan Kista?

Datang bulan atau haid merupakan fase yang dialami wanita setiap bulannya. Namun terdapat kabar jika minum dingin saat haid bisa sebabkan kista. Benarkah demikian? Sedangkan banyak wanita pasti yang minum air dingin setelah melakukan aktivitas sepanjang hari. 

Selama haid tersebut banyak yang percaya bahwa minum air es memberi dampak yang berbahaya. Lantaran suhu dingin air es dapat membekukan darah kotor yang seharusnya dikeluarkan dengan lancar. 

Mengutip dari situs resmi Alodokter, minum air dingin saat haid tidak akan menyebabkan kista. Suhu air yang kita minum tidak akan memengaruhi proses menstruasi. Meminum air justru dapat mencegah dehidrasi.   Jadi air dingin tak sebabkan kista.

Apakah Minum Air Dingin Saat Haid Bisa Sebabkan Kista (Kompas.com)

Kista merupakan sebuah kantung yang terbentuk dari jaringan membran dan berisiko cairan udara, semisolid, hingga zat lainnya.

Kista tidak terbentuk dari air dingin yang diminum saat haid.Melansir Medical News Today, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terbentuknya kista, mulai dari masalah hormonial, tumor, masalah genetik, embrio yang tidak berkembang, sel yang cacat, penyumbatan saluran dan adanya cidera yang merusak pembuluh darah.

Melansir dari Aldokter terdapat beberapa kista yang dikenal cukup berbahaya dan tidak bisa diremehkan lho. Pertama adalah Kista Baker atau kista popliteal yang merupakan kista dengan benjolan berisi cairan yang terbentuk di belakang lutut akibat radang sendi atau cedera lutut. Kista ini dapat menimbulkan pembengkakan dan nyeri saat menekuk atau meluruskan kaki. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"