Cegah dan Atasi Gejala Batu Ginjal dengan Bahan-Bahan Alami

Cegah dan Atasi Gejala Batu Ginjal dengan Bahan-Bahan Alami

Penyakit batu ginjal adalah pembentukan materi keras menyerupai batu atau kristal yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine, dari ginjal, ureter, kandung kemih, serta uretra.

Batu ginjal terbentuk dari limbah dalam darah yang membentuk kristal dan menumpuk di ginjal. Contoh zat kimia yang dapat membentuk batu ginjal adalah kalsium dan asam oksalat. Seiring waktu, materi tersebut semakin keras dan menyerupai bentuk batu.

Batu ginjal yang berukuran besar bisa menimbulkan gejala dan menyumbat saluran urine, sehingga dapat mengganggu berjalannya sistem ekskresi. Pasien dengan batu ginjal non-kronis akan dianjurkan untuk banyak minum air putih setiap hari. Ini merupakan cara paling efektif untuk mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Selain air putih, ada juga bahan-bahan alami lain untuk mencegah sekaligus mengatasi batu ginjal. Berikut daftarnya:

1. Kacang Merah

https://www.pexels.com/

Kacang merah mengandung tinggi protein, serat, karbohidrat, serta vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. Tak hanya kacangnya saja, air rebusannya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal secara keseluruhan, termasuk mengatasi batu ginjal. Kandungan lain seperti magnesium yang ada di dalam kacang merah juga bisa membantu meringankan rasa sakit yang muncul akibat batu ginjal.

2. Lemon



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"