Cegah Berbagai Penyakit, Ini 4 Manfaat Utama Rajin Mengkonsumsi Chia Seed

Cegah Berbagai Penyakit, Ini 4 Manfaat Utama Rajin Mengkonsumsi Chia Seed

Chia seed merupakan biji-bijian yang didapat dari tanaman Salvia hispanica. Pada umumnya chia seed berwarna hitam, abu-abu, hingga hitam dengan bercak-bercak putih. Meski ukurannya kecil, hanya sekitar 1-2 mm, namun chia seed mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui, dalam 100 gram chia seed mengandung berbagai nutrisi, diantaranya adalah protein, lemak, serat, kalsium, berbagai antioksidan, hingga asam lemak omega-3. Maka tak heran jika chia seed dimasukkan dalam golongan makanan super atau super food. Lalu apa sih manfaat chia seed untuk kesehatan? Berikut penjelasannya!

1. Menjaga berat badan tetap ideal

https://www.freepik.com/

Chia seed merupakan salah satu makanan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika kamu sedang menjalani program diet. Hal ini dikarenakan, chia seed mengandung berbagai macam protein penting yang dibutuhkan tubuh, apalagi saat program penurunan berat badan. Kandungan serat dalam chia seed juga dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

2. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat lain dari chia seed adalah untuk membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Pasalnya, beberapa penelitian pada hewan membuktikan bahwa chia seed mampu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Bila kadar gula darah terkontrol, maka dapat mengurangi risiko berbagai penyakit lainnya, seperti penyakit jantung.

3. Mencegah kerusakan sel



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"