Cara Pertolongan Pertama Digigit Kalajengking Agar Nggak Makin Parah

Cara Pertolongan Pertama Digigit Kalajengking Agar Nggak Makin Parah

Digigit kalajengking bisa membahayakan, yuk simak pertolongan pertamanya.

Taukah kalian, kalau kalajengking itu termasuk hewan yang sengatannya beracun? Digigit kalajengking pasti rasanya sakit, bahkan bisa bikin seseorang meninggal dunia. Apalagi, kalo yang diserang adalah anak-anak dan orang tua.

Emang sih, rata-rata kalajengking cuma bikin tanda dan perih secara lokal. Akan muncul nyeri yang intens kayak mati rasa, kesemutan, bengkak, dan kulit merah di lokasi yang digigit. Tapi, pada anak-anak, bisa menimbulkan gejala kayak sesak napas, otot berkedut, berkeringat, mual, muntah, tekanan darah tinggi, gelisah, dan menangis terus menerus.

digigit kalajengking (frontiers.com)

Karenanya, yuk simak cara pertolongan pertama atau P3K digigit kalajengking.

1. Melansir Mayo Clinic, pertama-tama, kita perlu mencuci bagian yang terkena gigitan kalajengking pakai air dan sabun.

2. Lalu, kompreslah pakai kain yang udah diberi air dingin selama kira-kira 10 menit. Kalian bisa ulangi cara ini beberapa kalian agat rasa sakit bisa berkurang. Racun pun bisa tercegah penyebarannya.

3. Setelah itu, olesi minyak kayu putih atau minyak tawon ke area yang digigit kalajengking.

4. Atau, kalian juga bisa olesi salep yang memiliki kandungan antihistamin atau analgesic.

5. Lalu, kalian perlu minum air susu atau air kelapa. Kalo ngalamin susah menelan makanan, mending jangan makan atau minum dulu.

digigit kalajengking (calendarofscripture.com)

Nah, itulah cara pertolongan pertama atau P3K digigit kalajengking. Sementara itu, kalian juga perlu tau gimana cara mencegah digigit kalajengking. 

Melansir Klikdokter.com, inilah beberapa cara pencegahannya:

1. Pertama-tama, hilangkan tumpukan batu atau kayu di sekitar rumah kalian karena bisa jadi sarang kalajengking.

2. Lalu, pangkas juga semak rumput dan cabang pohon kalo ada yang menjuntai ke arah rumah. Ini bisa menjadi perantara kalajengking masuk ke rumah, loh.

3. Akan lebih baik kalo pintu, dinding, atap hingga lantai yang bolong diperbaiki biar kalajengking nggak menyelinap.

4. Gunakanlah sepatu agar terhindar dari gigitan kalajengking, terutama di musim kemarau.

5. Kalau berkemah, mending pakai baju dan celana panjang. Periksa semua lubang di sekitar kalian. Pastikan udah tertutup rapat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"