Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cocok Buat yang Lagi Diet!

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Cocok Buat yang Lagi Diet!

Punya badan yang langsing dan ideal merupakan dambaan setiap orang. Sayangnya, banyak orang menginginkan body goals dengan cara yang instan. Asal diet misalnya. Padahal, tubuh yang ideal dan juga sehat dapat diperoleh dengan cara makan dan pola hidup sehat serta seimbang. Contohnya diet yang disertai dengan olahraga rutin.

Nah, kalau kamu merupakan individu yang malas melakukan diet dan tak suka berolahraga tapi ingin punya badan ideal, ada beberapa cara menurunkan berat badan yang dapat kita praktikkan dengan lebih "slow".

Pada intinya, trik ini membantu kita menerapkan pola hidup yang lebih sehat tanpa merasa terbebani untuk mengejar angka berat badan tertentu. Gimana caranya? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Berikut cara menurunkan berat badan yang dapat dipraktikkan:

1. Masak sendiri

Belajar masak sendiri bisa jadi cara menurunkan berat badan yang baik tanpa harus mengurangi asupan makanan secara signifikan.

Orang-orang yang punya pemahaman soal memasak berbagai menu masakan cenderung memakan bahan makanan bernutrisi yang lebih variatif, termasuk sayur-sayuran dan buah-buahan, yang baik untuk menurunkan berat badan.

Sementara orang-orang yang jarang atau tidak pernah memasak kerap dikaitkan dengan pilihan makanan yang buruk seperti junkfood dan makanan kemasan, serta lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan dan obesitas.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga (KlikDokter)

2. Makan lebih banyak protein

Protein adalah bagian penting dari diet sehat dan diperlukan untuk pertumbuhan dan metabolisme tubuh yang efisien. Sebab, protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan menunda rasa lapar. 

Untuk itu, mengonsumsi lebih banyak protein sangat penting dalam rangkaian cara menurunkan berat badan yang sehat karena kita akan kenyang lebih lama.

3. Makan lebih banyak serat

Serat tidak dicerna di usus halus, seperti makanan lain. Sebaliknya, makanan berserat akan bergerak ke usus besar, di mana fermentasi terjadi. Serat bisa kita dapatkan dalam buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh.

Memperbanyak makan serat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan karena membuat kita merasa lebih kenyang, meningkatkan waktu transit makanan dan penyerapan nutrisi, dan mencegah konstipasi.

4. Mencoba probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang merupakan bagian integral dari pencernaan. Penelitian terbaru menghubungkan fungsi usus dan otak dan menunjukkan bahwa probiotik dapat memengaruhi berat badan, massa lemak, dan suasana hati.

Manfaat probiotik antara lain menyediakan energi untuk dinding usus dan sel hati asam hati, menyediakan asam lemak spesifik dengan sifat anti-kanker, dan membantu sebagai cara menurunkan berat badan.

Produk probiotik dapat dibeli secara bebas maupun terkandung secara alami dalam berbagai makanan fermentasi, termasuk yogurt, kimchi, kol parut, kefir, miso, tempe, dan juga kombucha.

5. Istirahat cukup

Ketika mencari cara menurunkan berat badan, istirahat cukup menjadi elemen penting lainnya. Kurang tidur mengganggu hormon penting, termasuk yang terlibat dalam metabolisme. 

Tidur kurang dari 6 jam setiap malamnya berpotensi meningkatkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas. Maka nggak heran kalau orang yang hobi begadang sering kelaparan tengah malam.

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"