Cara mengatasi susah tidur tanpa perlu mengonsumsi obat tidur, bisa kamu lakukan dengan beberapa hal berikut ini. Yuk langsung aja disimak gengs....

Cara mengatasi susah tidur bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kadang karena saking susahnya tidur, biasanya banyak yang langsung mengonsumsi obat tidur. Tapi gengs, sebenarnya ada hal-hal lain yang bisa kamu lakuin loh. 

Susah tidur atau insomnia bisa membuatmu menurunkan fungsi tubuh, mulai dari daya tahan tubuh yang lemah sampai menurunnya tingkat konsentrasi. Pernahkah kamu mengalaminya? 

Untuk penyebabnya yang paling umum dari susahnya tidur adalah stres, rasa cemas dan kebiasaan tidur yang buruk.

Jangan sampai deh, kamu mengalami insomnia kronis. Biasanya insomnia kronis bisa mempengaruhi 6 hingga 7 % pria yang berusia sekitar 20- 40 tahun. Sehingga banyak pria yang mengonsumsi obat tidur. 

Namun, sebenarnya obat tidur bukan solusi utama untuk membuat tidurmu menjadi mudah dan teratur. Karena ada beberapa cara mengatasi susah tidur berikut ini:

1. Gunakanlah kasur hanya untuk tidur dan seks

1. Gunakanlah kasur hanya untuk tidur dan seks (kabarin.co)

Seperti dilansir dalam Lifestyle Kompas. Menurut Vikas Jain seorang dokter pengobatan tidur, susah tidur atau insomnia bisa timbul karena beberapa faktor kebiasaan.

Saat kamu beranjak ke tempat tidur, sebenarnya otak hanya ingin memiliki keputusan yang sederhana, yaitu tertidur atau berhubungan seks dengan pasangan. 

Nah, kalo kamu memakai kasur untuk melakukan 30 hal yang berbeda, maka otak akan mencari tahu yang kamu inginkan. Bikin berat otak itu gak baik gengs, mending langsung aja, ngeseks atau tidur. Pilih salah satu atau dua-duanya juga boleh.

2. Hindarilah makan malam yang berat-berat

2. Hindarilah makan malam yang berat-berat Makan malam tidak berat (klikdokter.com)

Biasakan tidak memakan makanan yang berat jika ingin tidurmu mudah, Seperti roti, nasi, mie instan dan sebagainya. Makanan berat bisa mempengaruhi pola tidurmu, selain itu, memakan makanan yang berat menjelang tidur juga tak baik untuk kesehatan.

3. Cobalah mengonsumsi teh chamomile

3. Cobalah mengonsumsi teh chamomile Teh chamomile membantu memulaskan tidurmu (hellosehat.com)

Kamu bisa menghirup teh chamomile saat merasakan sulit tidur. Cara mengatasi susah tidur dengan mengonsumsi teh ini dipercaya bisa membantumu menenangkan diri dan melemaskan saraf.

4. Mandilah dengan air panas

4. Mandilah dengan air panas Mandi air panas (travel.tribunnews.com)

Cara mengatasi susah tidur berikutnya adalah dengan mandi air panas. Mandi dengan air yang panas, bisa membuatmu merasa rileks dan nyaman. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetesan lavender untuk hasil yang lebih baik.

5. Matikanlah peralatan elektronik menjelang tidur

5. Matikanlah peralatan elektronik menjelang tidur Mematikan alat elektronik menjelang tidur (topmedia.co.id)

Kalo kamu ingin tidur dengan nyenyak, kamu bisa mematikan alat-alat elektronik seperti ponsel dan televisi. Karena cahaya yang ada dalam barang elektronik bisa masuk ke retina dan membuat otak menjadi bingung, lalu sulit membedakan siang atau malam hari. Sehingga bisa mendistorsi waktu tidurmu. 

Demikianlah beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu lakukan tanpa obat tidur. Cobalah beberapa dari cara di atas, jika tetap tidak manjur, segeralah konsultasikan ke dokter.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations