Cara Mencegah Keinginan Bunuh Diri Bagi Penderita Depresi

Cara Mencegah Keinginan Bunuh Diri Bagi Penderita Depresi

Ketika pikiran udah kalut dan semua terasa gelap, keinginan bunuh diri datang secara tiba-tiba. Menyeruak begitu saja dari dalam relung gelap pikiran.

Perasaan sudah hancur dan lelah. Pikiran juga sudah buntu gak tahu lagi mau bagaimana. Gak ada yang bisa diajak bicara. Gak ada yang bisa mengerti keadaanmu. Siapa saja bisa menjadi penderita depresi. Siapa saja punya keinginan untuk bunuh diri.

Saat itu, hanya satu hal yang rasanya masuk akal. Bunuh diri.

Cara mencegah keinginan bunuh diri (bettertennessee.com)

Berhentilah sejenak. Hanya bernafas dan tidak perlu memikirkan apapun. Hanya bernafas dan bernafas saja. Menikmati setiap hembusan yang masih bisa kamu lakukan.

Setelah pikiran jernih, lakukan beberapa hal berikut ini. Cara mencegah keinginan bunuh diri bagi penderita depresi.

1. Diam Sejenak

Kalau kamu lelah dengan hidup dan segala carut-marutnya, sudah. Diamlah. Berhenti memikirkan apapun. Terutama kemungkinan buruk. Semakin kamu bayangkan dan pikirkan, maka akan bertambah buruk.

Cara pertama untuk mencegah keinginan bunuh diri bagi penderita depresi adalah, diam sejenak.

Sudah, berhentilah dan istirahat.

Bernafaslah dan diam sejenak (crisisservicescanada.ca)

2. Refleksi

Pikirkanlah masa-masa hidup yang udah kamu lewati. Baik yang bahagia maupun yang sedih. Berterimakasihlah pada dirimu, sudah bertahan sejauh ini. Meski saat ini kamu berada pada titik kehancuran total. Tanpa harapan.

Setidaknya kamu masih hidup.

Bersyukurlah..

3. Cari Teman

Meski kelihatan sulit, carilah teman. Seseorang yang mungkin bisa kamu percaya. Seseorang yang bisa menemanimu dan menerima keadaanmu.

4. Hubungi Psikolog

Kamu bisa juga menghubungi psikolog atau terapis untuk membantu menyelesaikan masalahmu. Pokoknya jangan lagi menghadapinya sendirian. Kalau kamu gak kuat ya cari bantuan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"