Cara Membiasakan Diri Biar Bisa Rutin Meditasi

Cara Membiasakan Diri Biar Bisa Rutin Meditasi

Banyak orang udah ngomoong tentang pentinya meditasi dan segambreng manfaat yang bisa diperoleh. Tapi rasanya kok susah ya buat bisa tenang? Apalagi bisa rutin setiap hari.

Banyak banget gangguan yang bisa menghampiri. Kayak pemberitahuan Hp, teknologi, media sosial, temen, keluarga di rumah dan sebagainya. Nah, gengs begini tips meditasi buat kamu. Cara membiasakan diri biar bisa rutin meditasi.

1. Bikin jadwal

Bikin jadwal rutin (theconversation.com)

Bikin jadwal memudahkan kamu buat mengingat kapan waktunya meditasi. Hingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Kamu bisa melakukannya secara rutin di waktu yang sama.

2. Jadikan kegiatan penting

Tuliskan beberapa alasan kenapa kamu harus meditasi. Berikan perhatian dengan manfaat apa yang pengen kamu peroleh. Misalnya ingin melepaskan stres, atau lebih santai dalam kehidupan sehari-hari, menjadi lebih cerdas, tidak cemas, lebih kreatif.

3. Temukan tempat yang sempurna untuk bersantai

Temukan tempat yang tepat (theladders.com)

Kalau udah menemukan waktu yang tepat untuk bermeditasi, temukan tempat yang sempurna juga. Kamu perlu berada di lantai atau di atas tikar. Yang kamu butuhkan hanyalah menutup mata, luruskan punggung dengan kepala. Lalu fokus pada pernapasan.

Kamu bahkan dapat duduk di kursi atau berbaring di tempat tidur. Jika kamu berbaring, dimerekomendasikan menekuk lutut. Ini akan membantu untuk tidak bersantai dan tidak tertidur.

4. Jangan terlalu banyak bertanya pada diri sendiri

Satu hal penting untuk membiasakan meditasi setiap hari adalah untuk mencapai target tertentu. Meskipun kamu hanya melakukannya selama lima menit setiap hari, otak akan mencatat hal itu.

Untuk itu gak usah terlalu banya bertanya tapi lakukan aja. Otak akan mengingat kalau kamu berhasil setiap hari dan otak akan mencatat kebiasaan itu. Terutama kalau kamu seorang pemula.

5. Jangan putus



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"