Cara-Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Manjur

Cara-Cara Mengobati Sakit Pinggang yang Manjur

Apa kalian ngerasa sakit pinggang dan nggak tau cara ngobatinnya? Pakai aja tips berikut.

Sakit pinggang emang rasanya nggak enak banget. Penyebabnya sendiri macem-macem. Salah satunya adalah otot atau ligamen yang terkilir. 

Biasanya masalah ini terjadi kalo kalian terlalu sering angkat beban berat atau posisi tubuh yang nggak bener. Ada juga yang disebabin karena kelainan tulang belakang bawaan. 

Lalu, gimana sih cara mengobati sakit pinggang? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Makan obat pereda nyeri

Obat Sakit Punggung (lithub.com)

Obat-obatan NSAID, kayak ibuprofen atau natrium naproksen bisa meredakan nyeri pinggang akut. Obat-obatan pereda nyeri bisa kalian temukan di toko obat tanpa resep dokter. Tapi, pastikan kalian mengonsumsi sesuai petunjuk kemasan.

Pakai obat pereda nyeri secara berlebihan sebenernya bisa menyebabkan efek samping yang serius. Jika sakit nggak kunjung sembuh, mending kalian segera ke dokter.

2. Konsumsi penghilang rasa sakit topikal

Jika sakit pinggang masih ringan, gunakan obat penghilang rasa sakit topikal. Kalian boleh nempelin koyo atau olesi salep pada area yang nyeri.

Obat penghilang rasa sakit jenis ini bisa dengan mudah kalian temui di warung atau apotek.

3. Pakai relaksan otot

Dokter juga mungkin bakal ngasih resep relaksan otot sebagai obat sakit pinggang kalo masalah nggak membaik. Relaksasi otot biasanya juga dikombinasikan dengan obat lain.

Obat ini bekerja terpusat pada otak untuk memberitahu otak kalian agar mengendurkan otot-otot yang kaku.

Sayangnya, obat relaksan otot bisa bikin kalian pusing dan mengantuk. Jadi, pastikan kalian nggak berkendara atau ngelakuin aktivitas yang butuh konsentrasi tinggi abis mengonsumsi obat ini.

4. Antidepresan

Antidepresan (medicalnewstoday.com)

Antidepresan biasanya digunakan buat mengobati depresi. Tapi jangan salah. Obat ini juga bisa dipake buat ngobatin sakit dengan mengubah senyawa kimia dalam otak.

Orang dengan kondisi nyeri kronis yang nggak merespon pengobatan lain bisa menggunakan obat ini untuk mengontrol rasa sakit.

5. Suntik kortison

Kalo berbagai obat sakit pinggang yang udah disebutin di atas nggak bikin kondisi membaik, dokter bakal ngelakuin suntik kortison di sekitar sumsum tulang belakang. Suntik kortison bakal bantu ngurangin peradangan sementara di sekitar akar saraf.

Sakit Pinggang (Medicalnewstoday.com)

Demikian beberapa cara mengobati atau meredakan sakit pinggang. Sebaiknya kalo makin parah, segera diperiksakan ke dokter.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"