Bukan untuk Mencegah Infeksi, Ternyata Ini Alasan Kenapa Ruang Operasi Sangat Dingin

Bukan untuk Mencegah Infeksi, Ternyata Ini Alasan Kenapa Ruang Operasi Sangat Dingin

Ruang operasi seringkali dingin. Seringkali seorang pasien yang akan menjalani operasi akan bertanya, "Mengapa di sini dingin sekali?" Anehnya, jawabannya hampir selalu, "Suhu ini membantu menurunkan risiko infeksi..." 

Padahal, itu sama sekali salah. Ruang operasi yang dibiarkan dingin justru meningkatkan risiko infeksi. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini sampai akhir ya!

# Suhu Tubuh dan Infeksi

Gambaran ruangan operasi (smartpluscunsulting.com)

Ternyata, salah satu faktor penting untuk mencegah infeksi adalah kecukupan aliran darah dan suplai oksigen ke jaringan. Saat berada di lingkungan yang dingin, pembuluh darah di kulitmu menyempit (itulah sebabnya kulit menjadi pucat saat cuaca dingin). 

Tubuhmu menyempitkan pembuluh darah di lingkungan yang dingin agar tidak membuang panas — sebuah proses yang disebut termoregulasi.

Faktor kedua adalah sistem kekebalanmu sebenarnya dilemahkan oleh hipotermia. Oleh karena itu, menjaga suhu tubuh normal selama operasi sebenarnya akan membantu tubuh melawan infeksi.

# Jadi Mengapa Ruang Operasi Begitu Dingin?

Alasan sebenarnya ruang operasi dijaga agar tetap dingin adalah untuk kenyamanan personel OR, khususnya ahli bedah. Saat mengenakan gaun steril untuk waktu yang lama, terutama saat berdiri di bawah lampu yang hangat, dokter bedah bisa menjadi sangat kepanasan. Ruangan sering dijaga agar tetap dingin agar ahli bedah dan staf lebih nyaman.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"