Bukan Digoreng, Ternyata Begini Cara Masak Ikan yang Paling Sehat

Bukan Digoreng, Ternyata Begini Cara Masak Ikan yang Paling Sehat

Caramu memasak ikan dapat mengubah komposisi nutrisinya, jadi beberapa metode memasak mungkin lebih baik bagi kesehatanmu dibandingkan metode memasak lainnya.

Menggoreng ikan misalnya, cara ini menyebabkan ikan menyerap sebagian minyak sehingga meningkatkan kandungan kalorinya dan mengubah jenis lemak yang dikandungnya.

Memasak ikan dengan minyak, seperti minyak sayur, yang mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan kandungan omega-6 yang menyebabkan peradangan.

Untuk tahu lebih lanjut bagaimana metode memasak yang tepat dan sehat agar nilai gizi ikan tidak hilang, baca artikel ini sampi akhir ya!

Cara Memasak Ikan yang Tepat

Ikan bakar lebih sehat daripada ikan goreng (haibunda.com)

Membakar dan memanggang adalah metode memasak yang sangat mirip. Keduanya melibatkan penerapan panas kering pada makanan pada suhu yang sangat tinggi.

Perbedaan utama antara kedua metode ini adalah membakar menggunakan panas dari bawah dan memanggang menggunakan panas dari atas. Kedua cara tersebut merupakan cara cepat untuk memasak ikan yang benar-benar enak tanpa menambahkan lemak apa pun.

Sayangnya, baik memanggang maupun memanggang diketahui menyebabkan pembentukan beberapa senyawa berbahaya yang disebut amina heterosiklik (HA) dan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH).



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"