Bolehkah Beli Obat Penenang yang Dijual Bebas di Apotik? Cek Faktanya

Bolehkah Beli Obat Penenang yang Dijual Bebas di Apotik? Cek Faktanya

Jika sedang mengalami sulit tidur dan membutuhkan obat penenang, ada orang yang memutuskan untuk membeli ke apotik tanpa resep dokter. Memang di apotik dijual bebas beberapa obat penenang atau obat tidur tanpa resep dan mudah diperjualbelikan.

Beberapa obat penenang yang bisa dibeli di apotik memiliki banyak efek samping bila tidak diperhatikan. Artinya tetap disarankan untuk membeli obat penenang dengan resep dokter agar tahu batasan dosis yang dibutuhkan karena setiap orang memiliki masalah yang berbeda-beda.

Misalnya jenis obat Diphenhydrame. Dilansir dari SehatQ, obat ini memiliki efek samping dengan rasa kantuk tak cuma malam hari tapi juga siang hari, mulut jadi kering, penglihatan kabur, hingga kesulitan mengeluarkan urine.

Obat Penenang (SehatQ)

Selain Diphenhydrame, obat penenang jenis Doxylamine Succinate dan Suplemen Melatonin sebagai obat denagn efek samping pada tubuh. Hormon melatonin berperan dalam mengatur siklus tidur.

Beberapa penelitian menjelaskan jika suplemen melatonin dapat meredakan jet lag dan mempercepat orang bisa cepat tidur, meskipun efek samping ada sakit kepala dan mengantuk di siang hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"