Begini Cara Apoteker di Apotik Baca Tulisan Resep Dokter

Begini Cara Apoteker di Apotik Baca Tulisan Resep Dokter

Pasien yang sakit selalu mendapatkan resep dokter  untuk menebus obat. Terkadang pasien tidak bisa membaca tulisan di dalam resep tersebut. Tapi ketika apoteker di apotik  bisa membacanya dengan baik. Lalu seperti apa cara apoteker membaca tulisan dokter pada resep?

Biasanya resep dokter terdiri dari beberapa nama obat yang harus dikonsumsi pasien untuk menyembuhkan penyakit. Selain nama obat, jumlah obat hingga waktu untuk minum obat juga tertera pada tulisan resep itu.

Tulisan pada resep dokter sering menggunakan istilah kesehatan dalam bahasa latin untuk mempersingkat tulisan. Ternyata apoteker memang sudah mengetahui istilah-istilah pada resep yang ditulis dokter, sehingga obat yang ada di dalam resep tidak akan salah diambil apoteker.

Contoh Resep Dokter (Facebook)

Dilansir dari Makintau, biasanya dalam tulisan resep terdapat singkatan “ad lib” yang artinya obat itu tidak terbatas dikonsumsi atau sesuai kebutuhan, jika kondisi kesehatan membaik, obat itu tak perlu dikonsumsi lagi. Juga ada istilah “bid” yang berarti obat tersebut diminum dua kali sehari 

Dalam resep dokter biasa tertulis “q3h” yakni obat diminum setiap 3 jam sekali, “q4h” yang berarti minum setiap 4 jam, dan beberapa frekuensi penggunaan obat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"