Boleh Enggak Sih Minyak Kayu Putih Diminum? Ini Penjelasannya

Boleh Enggak Sih Minyak Kayu Putih Diminum? Ini Penjelasannya

Seperti yang diketahui banyak orang, minyak kayu putih berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut dan rasa kembung. Selain itu, beberapa orang menggunakannya untuk mengobati gatal karena gigitan serangga, serta menghangatkan badan. Namun tahukah kamu bahwa ada sebagian orang yang percaya bahwa meminum minyak kayu putih bisa menyembuhkan rasa sakit tertentu?

Salah satu penyakit yang dipercaya bisa sembuh dengan meminum minya kayu putih adalah batuk. Banyak orang mengaku bisa mengurangi rasa sakit dan melegakan tenggorokan dengan melakukan treatment tersebut. Tapi benarkah hal ini aman dilakukan? Apakah hal ini sudah mendapat rekemondasi dari para ahli kesehatan?

Bahaya minum minyak kayu putih (via Merdeka)

Faktanya, minyak kayu putih atau cajuput oil memang bisa meredakan rasa nyeri. Kandungan senyawa cineole di dalamnya bersifat iritan dan hanya pada kulit. Namun sampai saat ini belum ada bukti yang ilmiah tentang penggunaan minyak kayu putih dengan cara diminum, meski tidak berbahaya jika tertelan dalam jumlah sedikit. Namun untuk konsumsi dalam jumlah besar, para ahli masih belum punya cukup data.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, atau disingkat PDPOTJI, Inggrid Tania, mengatakan bahwa minyak kayu putih yang dijual secara umum tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Alasannya, kandungan di dalam minyak tersebut sudah tidak murni dan sudah diccampur dengan kerosin, minyak lemak dan minyak palsu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"