Fakta-fakta Minyak Kayu Putih, Masihkah Ampuh Sembuhkan COVID-19?

Fakta-fakta Minyak Kayu Putih, Masihkah Ampuh Sembuhkan COVID-19?

Beberapa waktu yang lalu beredar sebuah broadcast tentang pesan yang disebut-sebut telah dibuat oleh dokter Indrianti Idrus. Dia mengungkapkan pengalaman pribadinya saat sang ayah terkena COVID-19. Dalam tulisannya yang beredar di WhatsApp, dokter tersebut menjelaskan bahwa ayahnya bisa sembuh setelah menggunakan minyak kayu putih.

Dalam pesan berantai tersebut juga disebutkan bagaimana cara penggunaan minyak kayu putih hingga dapat menyembuhkan penderita COVID-19. Bahkan dalam pesan tersebut juga disertakan jurnal-jurnal penelitian yang menyebutkan bahwa minyak kayu putih bisa memberantas virus corona di dalam tubuh. Pesan tersebut menjelaskan bahwa orang yang terkena COVID-19 bisa mengkonsumsi minyak kayu putih secara oral, berikut  cara mengolahnya.

Fakta Minyak Kayu Putih (via Kompas)

Setelah ditelusuri, pesan berantai tersebut tidak sepenuhnya benar. dr. Indrianti Idrus memang benar telah membahas Minyak Kayu Putih vs Corona, namun dalam versi yang beredar ada beberapa penambahan yang tidak benar. Dokter yang akrab disapa dr. Eche itu mengatakan bahwa broadcast tersebut bukan tulisannya.

Tulisan resmi dr Eche sendiri sebenarnya banyak terdapat peringatan bukan anjuran untuk mengkonsumsi minyak kayu putih seperti yang ada di pesan broadcast. Dr Indrianti pun mengatakan bahwa hal tersebut merupakan penelitiannya, namun hasilnya belum final sehingga belum bisa dikatakan akurat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"