Earphone Kotor Bisa Berbahaya Buat Telinga! Bersihkan dengan Cara ini

Earphone Kotor Bisa Berbahaya Buat Telinga! Bersihkan dengan Cara ini

Earphone merupakan salah satu kebutuhan sehari-hari, terutama kamu yang suka mendengarkan musik. Tanpa earphone musik yang didengarkan bisa mengganggu orang lain.

Tapi kamu harus berhati-hati, karena earphone yang kotor adalah tempat tumbuh kembangnya bakteri. Dikutip dari Makassar.tribunnews.com, berdasarkan penelitian Chiranjay M dan timnya, earphone yang kotor bisa jadi rumah bagi 68% bakteri.

Earphone yang kotor mengandung banyak baketri (abcnews.go.com)

Kebiasaan meminjamkan earphone ke orang lain juga bisa meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri. Keberadaan bakteri-bakteri ini meningkatkan risiko terkena infeksi telinga yang disebut otitis eskterna.

Nah, jangan suka meminjamkan dan pinjam earphone ya gengs. Gak baik buat kesehatan telinga.

Infeksi telinga ini menyebabkan telinga selalu terasa nyeri, baik saat diam maupun mengunyah, dan mengeluarkan cairan berbau. Bila telinga sudah sampai terinfeksi ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter THT terdekat.

Earphone yang kotor bikin infeksi telinga (thehealthsite.com)

1. Menggunakan minyak kayu putih

Kamu bisa menuang minyak kayu putih ke kapas, lalu gunakan untuk membersihkan earphone.

2. Baby oil

Kalau kamu kurang suka dengan bau minyak kayu putih atau gak punya, alternatif lain adalah baby oil. Wanginya enak dan lembut.

3. Cairan desinfektan

Campur cairan desinfektan dengan air hangat dengan kombinasi 30% cairan desinfektan dan 70% air hangat. Setelah itu, gunakan kain microfiber pada air yang dicampur tadi.

Kemudian lap pada earphone, baik pada bagian earbud maupun pada bagian kabelnya. Hati-hati ya jangan sampai airnya masuk ke dalam earphone.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"