Bisakah Rambut Rontok Tumbuh Lagi? Ini Jawabannya

Bisakah Rambut Rontok Tumbuh Lagi? Ini Jawabannya

Melihat helaian rambut yang rontok di bantal, lantai, atau bahkan tangan, bisa bikin kita overthinking bukan? Berbagai perasaan berkecamuk. Pertanyaan yang sering muncul di kepala adalah apakah rambut yang sudah rontok bisa tumbuh lagi? Simak jawabannya di sini, Gengs!

FYI nih, rambut rontok 50 sampai 100 helai per hari merupakan hal normal yang dapat terjadi pada semua orang. Setiap hari pula, akan ada rambut yang tumbuh. Namun, jika rambut yang rontok jauh lebih banyak dan sering daripada rambut yang tumbuh, bisa-bisa terjadi kebotakan. Duh!

Ayo kita cari tahu, bisakah rambut yang sudah rontok tumbuh kembali. Ternyata, penyebab kerontokan menjadi penentu jawabannya. Apa aja sih pemicu yang bikin rambut kita rontok? 

1. Keturunan

Kondisi rambut merupakan salah satu hal yang diturunkan secara genetik, termasuk kerontokan hingga kebotakan. Agar tidak semakin cepat terjadi, kita dapat melakukan perawatan terhadap rambut agar memiliki kekuatan sehingga tidak mudah rontok. Semakin cepat dilakukan perawatan, ketahanan rambut akan semakin terjaga. Bahkan, dengan perawatan yang baik, rambut bisa tumbuh kembali. 

Bisakah Rambut Rontok Tumbuh Lagi, Ini Jawabannya (KlikDokter)

2. Alopesia Areata

Penyakit autoimun dapat menyerang bagian mana pun, termasuk kelenjar rambut yang disebut dengan istilah Alopesia Areata. Salah satu ciri khas orang yang mengalami ini adalah mengalami pitak. 

Tenang! Kamu nggak perlu khawatir. Dengan perawatan yang tepat, bagian rambut yang mengalami kerontokan karena alasan ini bisa tumbuh lagi. 

3. Stres

Salah satu pemicu terjadi kerontokan adalah stres. Kondisi stres yang dialami seseorang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya jika mengalami sakit parah. Setelah sembuh dari suatu sakit yang berat, terjadi kerontokan rambut yang tampaknya tak akan berhenti. 

Perlahan, saat tubuh semakin sehat dan nutrisi tubuh kembali terpenuhi. Kondisi tubuh yang semakin fit membuat pikiran semakin sehat sehingga stres semakin berkurang. Saat itu terjadi, kerontokan juga akan berhenti. Kemudian, rambut baru akan kembali tumbuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"