Biar Nggak Kena Digital Fatigue, Begini Cara Agar Kesehatan Mental dan Fisikmu Tetap Terjaga

Biar Nggak Kena Digital Fatigue, Begini Cara Agar Kesehatan Mental dan Fisikmu Tetap Terjaga

Pernah dengar istilah digital fatigue? Buat yang baru pertama kali mendengar istilah ini, digital fatigue atau dikenal sebagai kelelahan digital adalah kondisi dimana seseorang merasa lelah secara fisik dan mental akibat menatap layar terlalu lama.

Misalnya menghadap layar desktop atau ponsel karena kerjaan. Atau emang karena kamu terlalu lama bermain gadget. Karenanya, kamu mesti banget nih mengatasi agar nggak kena digital fatigue. Gimana caranya? Berikut adalah beberapa tipsnya.

Membuat aturan waktu

Keseharian kita emang udah bergantung banyak ke ponsel, tablet, desktop dan laptop. Entah itu karena kamu sedang bekerja, atau sekedar menikmati waktu-waktu bermain sosial media. Intinya, terlalu lama menatap layar dan tidak ingat waktu bisa membuat mata menjadi lelah.

Solusinya, kamu bisa kasih batasan untuk menatap layar (screen time). Buat jadwal kapan aja waktu untuk kamu boleh menatap ponsel dan kapan harus berhenti. Ambil istirahat setidaknya 20 menit setelah menatap layar desktop dan hiruplah udara segar.

Lakukan peregangan tubuh

Lakukan peregangan tubuh (forbes.com)

Jangan lupa sering-seringlah lakukan gerakan peregangan (stretching) biar tubuhmu nggak kaku. Melakukan stretching juga penting buat meningkatkan aliran darah, melenturkan sendi dan otot, serta memperkuat tulang. 

Kamu bisa melakukan peregangan singkat seperti gerakan pilates ringan, yoga atau sekedar jalan kaki.

Gunakan waktu untuk tidur



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"