Biar Nggak Gampang Sakit, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Biar Nggak Gampang Sakit, Begini 7 Cara Menjaga Kesehatan di Musim Hujan

Memasuki bulan November, kayaknya hujan udah mulai intens mengguyur negeri ini, ya. Hampir seluruh kota sudah terguyur hujan sepekan belakangan. 

Meskipun pepatah mengatakan hujan adalah sumber rezeki, tetapi apabila hujan mengguyur tempat kamu tinggal setiap hari, maka perlu antisipasi mencegah penyakit yang biasa menyerang di musim hujan.

Penyakit yang kerap datang pada musim penghujan seperti pilek, flu, batuk, demam berdarah, penyakit pencernaan, bahkan dehidrasi karena suhu cenderung dingin. Untuk tetap sehat, kamu dan keluarga bisa melakukan beberapa hal, antara lain di bawah ini:

1. Selalu bawa payung atau jas hujan

Terjebak hujan di satu tempat membuat kita nggak sabar dan terpaksa menembus hujan tanpa pengaman seperti payung atau jas hujan. 

Dilansir daari Smarter Health, Rabu (3/11/2021) untuk menjaga tubuh tetap hangat, saat kedinginan tubuh akan membatasi aliran darah ke hidung. Ini menjelaskan mengapa hidung kamu berair ketika dingin.

Nah, yang perlu kamu lakukan adalah tetap terlindung dari hujan supaya tidak terserang pilek maupun masuk angin, ya Gengs.

Menjaga Kesehatan di Musim Hujan (VOI.id)

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C membantu mempercepat pemulihan ketika terserang flu. Vitamin C juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko flu semakin parah. Vitamin C bisa didapatkan dari sumber alami, seperti paprika, pepaya, jeruk, dan juga nanas.

3. Mandi air hangat

Setelah kehujanan, suhu tubuh secara bertahap meningkat karena melawan kuman dan melindungi diri dari serangan infeksi. Untuk membantu membuat suhu tubuh tetap stabil dan tidak demam, kamu bisa merendam kaki dengan air hangat setelah kehujanan, bisa juga mandi air hangat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"