Saat seseorang mengalami kehamilan, ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Salah satunya mungkin muncul berjolan di ketiak saat hamil. Apakah hal ini berbahaya?

Tubuh ibu hamil akan mengalami banyak perubahan baik secara internal maupun eksternal. Tetapi tidak semua wanita mengalami perubahan yang sama. Salah satu yang mungkin dialami perempuan hamil adalah munculnya benjolan di ketiak selama kehamilan.

Beberapa orang mungkin akan panik jika mengalami hal ini. Tapi dalam beberapa hal ternyata tidak berbahaya. Kenali dulu kondisi kehamilan dan penyebab munculnya benjolan ini.

Perempuan hamil (diabetestimes.co.uk)

Benjolan tersebut biasanya tidak cukup besar. Rata-rata benjolan ini hanya akan sebesar biji kacang. Tetapi tidak memungkinkan untuk lebih besar dari itu. Benjolan ini pada dasarnya adalah perubahan yang alami dari tubuh selama kehamilan.

Sangat besar kemungkinan jika kemunculan benjolan ini dipicu perubahan fisiologis bagian tubuh yang lain seperti payudara. Munculnya jaringan susu di payudara bagi ibu hamil akan mengubah bentuk payudara menjadi lebih berisi. Dan dapat mendorong beberapa bagian hingga menyentuh ketiak. 

Mungkin aneh kedengarannya, tapi bagian ini dapat meluas ke ketiak juga. Payudara mengalami ekspansi selama kehamilan dan bahkan saat laktasi terjadi setelah bayi lahir.

Ini yang menyebabkan jaringan payudara dapat membesar di area ketiak juga. Seperti halnya bagian payudara, seorang ibu bisa memeriksa pembesaran ini dengan menekan area ketiak. Apakah menghasilkan kelenjar atau tidak.

Membedakan Benjolan dengan Kanker

Mungkin banyak di antara ibu hamil yang khawatir kalau benjolan ini berupa kanker. Sebelum menjatuhkan vonis, ada baiknya dipastikan bahwa jaringan benjolan bukan kanker.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa benjolan ini kemungkinan besar merupakan bagian dari payudara. Namun, ada kalanya terjadi peningkatan area payudara yang tidak wajar dan mencapai area ketiak. Jika hal ini dirasa sudah tidak wajar, ibu yang mengandung bisa memeriksakannya ke dokter.

Tetapi sekali lagi benjolan ini bisa jadi bukan berupa kanker. Salah satu kemungkinannya adalah benjolan dapat berkembang di ketiak dengan saluran susu di dalamnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, puting mungkin berkembang di daerah tertentu dan mulai mengeluarkan susu.

Hanya saja kantung susu di ketiak tidak dapat keluar dan terjadi pembengkakan yang menyakitkan hingga mengalami infeksi. Jika sudah terjadi seperti ini, dokter perlu mengambil tindakan yang diperlukan dalam kasus ini.

Benjolan di ketiak (healthcentral.com)

Munculnya benjolan di ketiak selama kehamilan memang tidak selamanya berbahaya. Tetapi ibu hamil juga tidak bisa mengabaikan meskipun ibu hamil sudah terbiasa dengan perubahan tubuh saat mengandung. Bisa jadi perubahan tersebut tidak wajar.

Segera berkonsultasi dengan dokter tentang segala perubahan selama kehamilan yang dapat membantu ibu hamil dalam kondisi apapun.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations