Benarkah Stress Bisa Membuatmu Sakit Fisik? Ini Faktanya

Benarkah Stress Bisa Membuatmu Sakit Fisik? Ini Faktanya

Stres akut dapat menyebabkan perubahan fisik. Stres mengaktifkan sistem saraf simpatikmu, yang juga dikenal sebagai refleks “lawan atau lari”. 

Sistem saraf simpatik aktif untuk mempercepat detak jantung, mengalirkan lebih banyak darah ke area tubuh yang membutuhkan lebih banyak oksigen atau respons lain untuk membantumu keluar dari bahaya.”

Meskipun respons ini dapat membantu untuk melawan atau melarikan diri dari predator, jika dilakukan dengan cara yang tidak perlu atau kronis, stres dapat membuatmu sakit.

Gejala stress (krakataumedika.com)

Bagaimana Stres Mengubah Kerja Otakmu?

Menurut Dr. Cheryl Conrad, seorang profesor psikologi, ilmu saraf perilaku, dan psikologi komparatif di Arizona State University, otak merespons stres dan segala jenis hormon dengan cara yang sangat plastis,” jelas. 

“Kortisol mengubah cara neuron merespons satu sama lain, yaitu reseptor yang diekspresikan dan ketika stres menjadi kronis, neuron mengubah fungsinya. Hal ini tidak hanya terjadi pada stres – hormon ovarium juga mengubah neuron.”

Ia menambahkan bahwa transformasi ini belum tentu memberikan hasil yang “negatif”. Jika stres kronis menyebabkan dirimu mengembangkan kebiasaan mengatasi masalah, itu adalah mekanisme bertahan hidup. Itu hal yang bagus.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"