Benarkah Ibu Menyusui Minum Es Akan Membuat Anaknya Mudah Pilek? Cek Faktanya Yuk!

Benarkah Ibu Menyusui Minum Es Akan Membuat Anaknya Mudah Pilek? Cek Faktanya Yuk!

Mungkin beberapa dari kamu pernah mendengar orangtua berbicara, ‘jangan minum es kalau lagi menyusui  nanti anaknya pilek ’. Ketika menyusui, biasanya ibu memang lebih sering merasa haus, gerah, dan berkeringat lebih banyak daripada biasanya. Oleh sebab itu, banyak ibu menyusui ingin minum air es untuk menyegarkan dirinya. Namun dilarang oleh orangtua dengan alasan kesehatan bayinya akan terganggu.

Padahal faktanya, tidak ada temuan medis atau hasil penelitian yang menyatakan bahwa minum es saat masa menyusui dapat membuat bayi batuk dan pilek. Hal ini senada dengan pernyataan dr. Kartika mayasari yang mengatakan hal tersebut adalah mitos. Kenyataannya, tidak ada hubungan antara ibu menyusui yang minum air es dengan kondisi kesehatan bayi yang menerima ASI (Air Susu Ibu).

Foto: Ibu Menyusui (Tribun Jogja)

“Jika seorang ibu mengonsumsi minuman dingin selama menyusui, tak akan membuat bayi terkena flu. Karena infeksi virus tidak ditularkan melalui ASI. Selain itu, tidak ada hubungan antara konsumsi cairan dingin dengan perubahan komposisi susu,” jelas dr. Kartika yang dikutip dari laman KlikDokter, 24 Februari 2022.

Lebih lanjut, dia menjelaskan kalau setiap es yang diminum oleh ibu tetap akan keluar dalam bentuk ASI dengan suhu tubuh yang hangat dan masih memberikan cukup antibodi sehingga bayi terhindar dari infeksi. Sehingga tidak mungkin air es membuat ASI yang dikonsumi bayi menjadi dingin sehingga bisa membuat bayi terkena pilek.

Pilek biasanya terjadi karena disebabkan oleh virus lain yang bukan berasal dari ASI. Infeksi virus ini baru bisa ditularkan melalui tetesan cairan tubuh, seperti saat ibu bersin atau batuk. Besar kemungkinan juga air es yang kamu minum tidak steril atau mengandung bakteri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"