Benarkah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ternyata Faktanya Bikin Kaget!

Benarkah Begadang Bisa Menurunkan Berat Badan? Ternyata Faktanya Bikin Kaget!

Beberapa orang percaya kalau begadang  bisa membantu menurunkan berat badan . Mereka menilai tidur malam bisa membuat tubuh menjadi tidak fit. Sehingga muncul asumsi bahwa begadang bisa membuat tubuh kurus. Tapi ternyata, faktanya tidak demikian.

Dikutip dari laman SehatQ, kurang tidur atau kebiasaan tidur yang tidak ideal seperti begadang memang dapat memengaruhi kesehatan dan berat badan. Tapi, begadang bukan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, belum ada penelitian yang membuktikan tentang hal itu.

Foto: Ilustrasi Begadang (Bicara Berita)

Justru, beberapa penelitian tentang kurang tidur dan kaitannya dengan berat badan bahkan cenderung memberikan hasil sebaliknya. Di mana begadang malah bisa menyebabkan berat badan naik sampai meningkatkan risiko obesitas.

Sleep Foundation pernah mengungkapkan bahwa warga Amerika Serikat cenderung mengalami penurunan jumlah waktu tidur seiring berjalannya waktu. Di waktu bersamaan, diketahui kalau rata-rata indeks massa tubuh (BMI) justru ikut mengalami peningkatan.

Begitupun dengan tingkat obesitas yang ikut menanjak. Jadi bisa disimpulkan bahwa pernyataan begadang bisa membantu tubuh kurus tidaklah tepat. Tidak hanya itu saja, kurang tidur juga memicu peningkatan selera makan dan perubahan selera makanan yang dikonsumsi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"