Belajar dari Kisah CoCo Lee, Ini Bahaya Depresi yang Tidak Segera Diatasi

Belajar dari Kisah CoCo Lee, Ini Bahaya Depresi yang Tidak Segera Diatasi

Pengisi suara film animasi Mulan versi Mandarin, CoCo Lee, dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023) setelah sempat jatuh koma. Berdasarkan keterangan dari keluarga, sang artis sempat melakukan percobaan bunuh diri pada Minggu (2/7/2023). Dia kemudian mendapat perawatan dari rumah sakit, namun nyawanya tidak tertolong.

Namun yang bikin sedih adalah CoCo Lee ternyata telah berjuang melawan depresi selama beberapa tahun terakhir. Diketahui, salah satu penyebabnya adalah masalah pada kakinya, yang membuatnya harus menjalani operasi besar. Setelahnya, perempuan 48 tahun itu masih harus melalui proses melelahkan untuk belajar berjalan.

Bagaimanapun, peristiwa meninggalnya CoCo Lee ini sekali lagi mengingatkan kita betapa berbahayanya depresi. Setiap orang pada dasarnya mungkin pernah mengalami masalah kesehatan mental, namun jika tidak ditangani dengan baik, maka dampaknya akan sangat serius. Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengancam, termasuk risiko kematian:

1. Masalah Kesehatan Fisik

Bahaya Depresi yang Dialami CoCo Lee (via Alodokter)

Siapa bilang masalah kesehatan mental tidak akan berimbas pada fisik. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengalami depresi cenderung memiliki risiko lebih tinggi terhadap masalah kesehatan fisik, termasuk penyakit jantung, diabetes, gangguan tidur, dan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Pasalnya, setiap emosi yang dialami manusia pada dasarnya dipengaruhi oleh hormon tertentu. Jika hormon pemicu stres terus dihasilkan tanpa dinetralisir, maka organ tubuh juga akan terkena dampaknya. Dengan kata lain, depresi yang tidak diobati atau tidak ditangani dengan baik dapat mempengaruhi kualitas hidup dan mengganggu fungsi fisik seseorang.

2. Meningkatkan Risiko Bunuh Diri



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"