Bahaya Tidur Pakai Bra, Benarkah Dapat Memicu Penyakit Kanker Payudara? Ini Faktanya

Bahaya Tidur Pakai Bra, Benarkah Dapat Memicu Penyakit Kanker Payudara? Ini Faktanya

Beberapa wanita memilih tidur dengan melepas bra . Hal ini juga berkaitan dengan kabar yang beredar kalau memakai bra saat tidur bisa memicu penyakit kanker payudara . Bra dianggap bisa menghambat sirkulasi pembuangan zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

Rupanya, hal ini hanya mitos belaka. Dokter bedah umum Amber Gruth yang juga direktur Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center, Amerika Serikat membantah tegas rumor tersebut. Dikutip dari Huffing Post, dokter Guth mengatakan tidak ada bukti bahwa tidur dengan bra bisa berbahaya ataupun bermanfaat.

Foto: Bra – Kanker Payudara (SehatQ)

Belum ada kepastian medis baik dalam segi manfaat atau risiko kesehatan dari tidur memakai bra. Selain itu, Amber Guth juga menambahkan bahwa waktu dan cara memakai bra tidak memiliki kaitan dengan kanker payudara. Sebagai informasi, dia mengatakan kanker payudara lebih dipengaruhi oleh faktor lain seperti genetik serta gaya hidup.

Misalnya kebiasaan merokok dan konsumsi makanan yang tidak sehat, termasuk gaya hidup yang banyak dikaitkan dengan kanker, termasuk kanker payudara. Yang harus dikhawatirkan adalah adanya garis keturunan, karena ini juga merupakan salah satu risiko seseorang bisa terkena kanker payudara. Pertanyaan ini pun sudah sering dibahas dalam penelitian.

Jadi pilihan tidur tanpa bra atau tidur pakai bra tergantung dari kenyamanan setiap individu wanita. Pilih yang sekiranya paling nyaman dan menunjang kesehatan masing-masing. Hal yang perlu diingat kembali, tidur pakai bra tidak menyebabkan kanker. Tapi bukan menjamin akan membuat payudara kamu tetap kencang.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"