Bahaya Terlalu Lama Rebahan, Bisa Mengakibatkan Pikun Dini?

Bahaya Terlalu Lama Rebahan, Bisa Mengakibatkan Pikun Dini?

Selama masa pandemi, banyak orang disarankan untuk mengerjakan melakukan kegiatan di dalam rumah saja. Hal ini dimaksudkan untuk memutus mata rantai virus yang tersebar di luaran. Dengan kondisi ini, salah satu aktivitas yang pastinya sangat kamu gemari adalah rebahan sambal bermain gadget atau menonton menonton film.

Meski terkesan santai dan menyenangkan namun rebahan terlalu lama ternyata bisa menimbulkan efek negative bagi tubuh kita. Salah satunya bahaya yang muncul adalah kita akan mudah lupa atau mengalami pikun dini.

Bahaya Rebahan Terlalu Lama (via Lemonilo)

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2018 menunjukkan bahwa orang yang terlalu lama melakukan kegiatan berdiam diri atau rebahan dapat mengurangi kemampuan otak untuk mengingat sesuatu. Selain itu dengan rebahan terlalu lama juga dapat mengubah struktur otak, yaitu di bagian lobus temporal medial.

Di area ini, otak bertanggung jawab untuk mengingat. Namun jika tubuh tidak digunakan untuk bergerak, maka otak juga akan melemah bahkan bisa kehilangan sebagian tugasnya. Oleh karena itu, untuk menjaga kemampuan otak di area tersebut adalah dengan cara berolah raga secara teratur atau menggerakkan badan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"