Awas! Minum Kopi Lebih dari 2 Cangkir per Hari Tingkatkan Risiko Sakit Ginjal

Awas! Minum Kopi Lebih dari 2 Cangkir per Hari Tingkatkan Risiko Sakit Ginjal

Ada kabar kurang baik nih buat kamu si pencinta kopi. Meski terasa sulit untuk menghilangkan kebiasan minum kopi, tapi sebaiknya kamu mulai menguranginya sejak sekarang. Sebab, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa minuman berkafein itu dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Dikutip dari NY Post, para ilmuwan dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health mengungkap fakta baru bahwa peminum kopi berisiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis. Studi baru mereka ini telah diterbitkan dalam jurnal yang bernama Clinical Journal of American Society of Nephrology.

Melalui studi ini, para ilmuwan meneliti sebanyak 372 metabolit darah pada 3.811 orang yang berbeda. Seperti diketahui, metabolit merupakan molekul kecil yang dibuat atau digunakan ketika tubuh memecah makanan, obat-obatan, atau bahan kimia.

Selanjutnya para peneliti menemukan, bahwa ternyata sebanyak 56 persen orang yang diperiksa metabolit darahnya adalah peminum kopi setiap hari. Sedangkan, sebanyak 32 persen ditemukan meminum kopi lebih dari dua cangkir per hari.

Ilustrasi Minum Kopi (detikFood)

Sebenarnya, selama pemeriksaan para peneliti telah menemukan satu metabolit terkait minuman hitam nan pahit itu yang dapat membantu ginjal menjadi lebih sehat. Namun, yang mengkhawatirkan mereka juga menemukan dua metabolit lainnya terkait kopi dengan penyakit ginjal kronis.

Bahkan ahli kesehatan Dr Casey Rebholz, salah satu rekan penulis studi baru itu mengatakan kalau salah satu metabolit juga mengandung senyawa yang terkait dengan rokok.

"Ada dua metabolit lain yang terkait dengan kopi yang secara mengejutkan dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal kronis yang lebih tinggi, senyawa ini juga dikaitkan dengan merokok, yang mungkin sebagian menjelaskan mengapa senyawa ini dikaitkan dengan risiko penyakit ginjal yang lebih tinggi," ujarnya dikutip dari Independent.

Diketahui, menurut National Health Service, penyakit ginjal kronis atau CKD adalah kondisi jangka panjang yang umumnya dikaitkan dengan bertambahnya usia dan dapat memburuk seiring berjalannya waktu. Kondisi ini dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi, diabetes, kolesterol tinggi, infeksi ginjal, dan kondisi lain yang membebani ginjal.

Selanjutnya menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) melaporkan, bahwa terdapat sekitar 37 juta orang Amerika yang mana satu dari tujuh orang dewasa diperkirakan menderita CKD.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"