Kira-kira, apa sih penyebab kita cegukan setelah makan? Padahal keliatannya lucu ya, tapi gak asik.

Kira-kira, apa sih penyebab kita cegukan setelah makan? Hmm, soalnya keliatannya lucu sih, tapi sumpah ... gak asik gengs!

Serangan cegukan umumnya terjadi sekitar semenit setelah kita makan. Serangan cegukan tuh gak enak banget lho, apalagi kalo cegukan dalam waktu yang lama.

Orang tua kita sering bilang, cegukan bisa diatasi dengan minum air. Air hangat mungkin akan membantu. Selain itu, ada sejumlah cara lain mulai dari menengok ke kanan atau meminum air dengan cara menutup kedua lubang hidung.

Makan banyak dan cepet bikin cegukan (healthline.com)

Berhasil? Dalam sebagian kasus ya, tapi lebih sering gak berhasilnya gengs.

Dalam sebuah ulasan di So Yummy, cegukan terjadi karena adanya kontraksi yang tak disengaja di dalam diafragma. Sebutlah 'kejang diafragma', atau otot besar di pangkal paru-paru yang berkontraksi saat kita bernapas. Nah, itu jadi rata.

Saat kontraksi ini terjadi, paru-paru akan membesar dan udara jadi tersedot ke dalam.

Minum dulu biar gak cegukan (wellandgood.com)

Cegukan kan juga bersuara tuh. Nah, suara cegukan muncul karena penutupan pita suara yang terjadi setelah kontraksi diafragma tadi.

Ada banyak hal yang menyebabkan cegukan. Tapi alasan yang paling lazim adalah karena makan terlalu banyak, apalagi kalo makannya dengan cepat. Kok bisa?



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations