Apa Itu Makanan Ultra-Proses dan Apa Saja Bahaya Jika Terlalu Sering Mengkonsumsinya?

Apa Itu Makanan Ultra-Proses dan Apa Saja Bahaya Jika Terlalu Sering Mengkonsumsinya?

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Gak jarang pola makan kita terganggu dengan berbagai produk pangan olahan yang faktanya tidak terlalu menyehatkan.

Kita kerap mengkonsumsi produk makanan kemasan biasanya karena kemudahannya diperoleh, harganya yang terjangkau, dan tentu saja karena rasanya yang tak diragukan lagi sudah pasti enak.

Tapi tahu gak sih ges, makanan instan kemasan atau yang juga disebut makanan ultra-proses ini gak baik lho kalau sering dikonsumsi? Sebab ya itu tadi, proses pengolahannya yang begitu banyak, dan bahan campurannya yang juga aneh-aneh.

Biar gak bingung. Simak aja yuk penjelasan tentang apa itu makanan ultra-proses dan apa bahayanya bagi tubuh.

# Apa itu Makanan Ultra- Proses

# Apa itu Makanan Ultra- Proses Contoh makanan olahan (ikons.id)


Makanan Ultra-proses adalah makanan hasil pengolahan pabrik yang melalui proses panjang pengolahan makanan sehingga bentuk dan rasanya sudah tak lagi sama.

Para peneliti dan ilmuwan internasional membuat sebuah klasifikasi makanan yang disebut NOVA. Sistem klasifikasi ini membagi makanan menjadi 4 kategori: 

1. Makanan tanpa proses atau minimal proses. Misal telur, susu, bawang, sayuran, dan lain-lain.

Makanan ini biasanya hanya melewati satu tahap pengolahan atau bahkan tanpa tahap sama sekali.

2. Makanan olahan seperti: roti, keju, tahu, kacang-kacangan, ikan, dan sebagainya. Beberapa makanan olahan ini masih memiliki bentuk yang utuh dan nilai gizi yang baik untuk tubu meski sudah diproses menjadi agak lebih kompleks. Seperti proses memasak, membekukan, dan pengalengan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"