Apa Benar Kita Harus Berjalan 10.000 Langkah untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan?

Apa Benar Kita Harus Berjalan 10.000 Langkah untuk Mendapatkan Manfaat Kesehatan?

Berjalan kali 10.000 langkah sehari pernah hits dan dikampanyekan pada masanya. Bahkan sampai sekarang juga masih ada yang menghimbau untuk perbanyak berjalan demi kesehatan.

Tapi bener gak sih harus 10.000 langkah sehari? Nah, sebelum membahas jumlahnya mari kita membahas apa manfaa dari berjalan itu sendiri.

1. Membantu menurunkan berat Badan

Berjalan membakar kalori dan jumlah kalori yang kamu bakar tergantung pada sejumlah faktor. Misalnya kecepatan, jarak, berat badan, dan lain-lain.

Dalam sebuah penelitian kecil di Universitas Sungkyunkwan di Korea, wanita gemuk yang berjalan selama 50 hingga 70 menit tiga kali per minggu selama 12 minggu, rata-rata, mengurangi lingkar pinggang mereka sebesar 1,1 inci dan kehilangan 1,5 persen lemak tubuh mereka.

Manfaat jalan kaki (inquirer.com)

2. Bikin lebih bahagia

Selain membantu lebih baik secara fisik, bentuk latihan ini juga dapat membantu kamu merasa lebih baik secara emosional. Penelitian dari Universitas Nebraska, telah menunjukkan bahwa berjalan-jalan secara teratur dapat membantu mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang negatif. Ini juga dapat meningkatkan harga diri dan mengurangi gejala penarikan sosial.

3. Mengurangi penapakan varises

Berjalan secara teratur telah terbukti membantu mengurangi penampilan dan rasa sakit varises, menurut Klinik Cleveland.

4. Bisa membantu pencernaan

Tidur atau berbaring setelah makan gak baik buat kesehatan dan bisa bikin gemuk. Berjalan setekah makan bisa membantu fungsi pencernaan. Selain itu membantu kadar gula lebih stabil.

Lalu apa benar jumlah langkahnya sekitar 10.000 langkah sehari?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"