Anti Meriang-Meriang Club, Ini Cara Mencegah Masuk Angin Meski Sering Keluar Malam

Anti Meriang-Meriang Club, Ini Cara Mencegah Masuk Angin Meski Sering Keluar Malam

Tuntutan pekerjaan atau gaya hidup sering membuat seseorang harus sering keluar malam, misalnya untuk rapat, shift kerja malam, atau sekadar kumpul dengan teman-teman.

Kamu tentu tidak ingin aktivitas tersebut memicu masalah kesehatan seperti masuk angin, bukan? Sebab, kondisi tubuh yang drop akibat masuk angin bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, ketahuilah cara mencegah masuk angin meski kamu sering keluar malam lewat artikel berikut.

Masuk Angin Karena Keluar Malam

Cara Mencegah Masuk Angin Meski Sering Keluar Malam (KlikDokter)

Masuk angin akibat sering keluar malam hari bisa terjadi sewaktu-waktu. Gejala masuk angin pada setiap orang pun akan berbeda-beda. Ada yang merasakan perut kembung, mual, dan sering sendawa, hingga muntah. Sebagian lainnya mengalami bersin-bersin, pilek, batuk, dan sakit kepala.

Apa sebenarnya masuk angin itu? Kenapa gejala yang ditunjukkan setiap orang berbeda-beda?

Sebenarnya, masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis. Keluhan khas masyarakat Indonesia ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Misal, infeksi virus, olahraga secara berlebihan, atau gangguan pencernaan.

Jadi, penjelasan medis paling mendekati untuk masuk angin kemungkinan adalah sekumpulan flu-like symptoms atau gejala serupa flu. Ini sering kali dirasakan sebagai gejala awal dari infeksi virus (biasanya common cold). Kondisi medis lainnya yang cukup menyerupai masuk angin adalah dispepsia.

Banyak dokter yang menyebut bahwa masuk angin adalah gejala kombinasi dari dua masalah kesehatan, yaitu maag dan flu. Maag adalah gejala akibat peningkatan asam lambung. Keluhan yang bisa timbul, yaitu:

- Rasa tak nyaman di perut

- Nyeri ulu hati

- Perut kembung atau begah

- Sering sendawa

- Cepat kenyang saat makan, kadang disertai mual dan muntah

- Nafsu makan turun sehingga berat badan berkurang

Lalu, apa hubungan masuk angin dengan keluar malam?

Pada malam hari, udara cenderung lebih dingin dan kering. Saat kamu keluar rumah tanpa perlindungan yang baik, misalnya jaket, maka udara dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh.

Ketika daya tahan tubuh menurun, virus flu akan mudah menjangkiti tubuhmu. Pelepasan sel-sel radang akibat infeksi virus flu akhirnya membuat lidah terasa pahit dan menurunkan nafsu makan.

Nah, saat nafsu makan menurun, otomatis kamu akan telat makan. Telat makan itulah yang akhirnya menimbulkan gejala dispepsia berupa kembung dan mual.

Cara Mencegah Masuk Angin Saat Keluar Malam Hari



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"