Alergi Glutten? Cobain Deh 6 Alternatif Tepung Bebas Glutten Berikut Ini!

Alergi Glutten? Cobain Deh 6 Alternatif Tepung Bebas Glutten Berikut Ini!

Tepung adalah salah satu bahan makanan sumber karbohidrat yang sering kita olah. Bisa jadi mie, roti, pasta, dan sebagainya.

Di Indonesia, tepung terigu adalah salah satu jenis tepung yang paling sering digunakan untuk memasak. Sayangnya, beberapa orang tak bisa mengkonsumsi tepung terigu karena alergi dan menderita penyakit tertentu. Misalnya penderita penyakit celiac, sensitivitas gluten non-celiac atau mereka yang menghindari gluten karena alasan kesehatan dan program diet.

Alasannya? Karena tepung terigu mengandung gluten.

Syukurlah, sekarang ada banyak sekali tepung bebas gluten yang dijual di pasaran, masing-masing dengan rasa, tekstur, dan komposisi nutrisi yang berbeda. Apa saja?

1. Tepung Almond

Tampilan tepung almond (food.detik.com)

Tepung almond adalah salah satu tepung gandum dan bebas gluten yang paling umum. Tepung ini terbuat dari kacang almond yang dihaluskan, yang berarti kulitnya telah dibuang.

Satu cangkir tepung almond mengandung sekitar 90 kacang almond dan memiliki rasa pedas. Tepung almond biasanya digunakan dalam makanan yang dipanggang.

2. Tepung sorgum

Tepung sorgum terbuat dari biji-bijian sereal kuno yang telah tumbuh lebih dari 5.000 tahun. Biji-bijian secara alami bebas gluten dan dianggap sebagai biji-bijian sereal terpenting kelima di dunia.

Tepung ini memiliki warna dan tekstur yang ringan, serta rasa yang ringan dan manis. Tepung Sorgum dianggap sebagai tepung berat yang padat, sering dicampur dengan tepung bebas gluten lainnya atau digunakan dalam resep yang membutuhkan tepung dalam jumlah kecil.

Biji sorgum kaya akan serat dan protein, yang dapat memperlambat penyerapan gula. Tepung ini juga mengandung banyak mineral besi, serta antioksidan yang membantumu melawan peradangan.

3. Tepung Beras Merah

Tepung beras merah terbuat dari beras merah yang digiling. Tepung ini dianggap sebagai tepung gandum utuh dan mengandung dedak, kuman, dan endosperma.

Tepung beras merah memiliki rasa pedas dan dapat digunakan untuk membuat roux, mengentalkan saus atau menyiapkan makanan yang dilapisi tepung roti, seperti ikan dan ayam. Tepung beras merah sering digunakan untuk membuat mie dan dapat dikombinasikan dengan tepung bebas gluten lainnya untuk resep roti, kue, dan kue.

Tepung ini tinggi protein dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan

4. Tepung jagung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"