9 Penyebab Kekerasan Terjadi dalam Rumah Tangga, Jangan Dianggap Remeh!

9 Penyebab Kekerasan Terjadi dalam Rumah Tangga, Jangan Dianggap Remeh!

Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) adalah pola perilaku yang sistematis untuk menanamkan dominasi, superioritas, dan pengawasan dalam hubungan. Faktor-faktor kekerasan dalam rumah tangga tidak dapat dibenarkan kecuali dilakukan untuk membela diri. 

Nah, untuk menyelamatkan diri dan menghadapi situasi tersebut, ketahuilah 10 penyebab utama kekerasan dalam rumah tangga dalam pernikahan berikut ini:

4 Jenis kekerasan dalam rumah tangga (infografis.okezone.com)

 

1. Kemiskinan dan Pengangguran

Orang-orang yang berada dalam kesulitan keuangan lebih mungkin terlibat dalam kekerasan dalam rumah tangga. Separuh dari perempuan tunawisma dan anak-anak adalah korban kekerasan dalam rumah tangga. Salah satu penyebab utama tren ini adalah kenyataan bahwa korban kekerasan dalam kemiskinan seringkali tidak memiliki sarana untuk melarikan diri dari situasi tersebut.

2. Pendidikan

Pendidikan membuat perbedaan besar dalam tingkat penyebab kekerasan dalam keluarga. Wanita dengan beberapa pendidikan menengah menurunkan risiko kekerasan dalam rumah tangga. Hal ini mungkin terjadi karena perempuan dengan pendidikan yang lebih tinggi cenderung melihat diri mereka setara dengan pelaku dan memiliki sarana untuk mengamankan kemandirian mereka dan menghindari faktor kekerasan dalam keluarga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"