9 Nutrisi yang Bikin Kulit Lebih Glowing, Banyak yang Enak! Cobain Yuk!

9 Nutrisi yang Bikin Kulit Lebih Glowing, Banyak yang Enak! Cobain Yuk!

Biasanya, orang datang ke dokter kulit atau klinik kecantikan demi mendapatkan kulit yang memukau. Memang cara itu dinilai instan dan terpercaya untuk mendapatkan kulit idaman. Jarang di antara mereka yang mencari alternatif dari bahan alami.

Namun tahukah kamu jika sebenarnya ada aneka nutrisi dari makanan sehari-hari yang bisa bikin kulit wajah lebih stunning? Penasaran? Simak daftar berikut ini!

1. Vitamin A dan karotenoid untuk tekstur kulit yang lembut

Vitamin A atau retinol dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembelahan sel baru sekaligus menggugurkan sel yang sudah tua. Menumpuknya sel kulit tua akan membuat kulit menebal dan kasar.

Umumnya, vitamin A ditemukan pada produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Namun, ada beberapa jenis karoteneid yang bersumber dari buah dan sayuran yang bisa diubah jadi vitamin A oleh tubuh. Jadi, baik pencinta daging atau vegan, sama-sama punya kesempatan mendapatkan kulit lembut.

Daging, Mengandung Nutrisi yang Bikin Kulit Lebih Glowing (KlikDokter)

2. Asam lemak omega-3 dan antioksidan yang berfaedah untuk mencegah kerutan

Peradangan merusak kolagen kulit sehingga dapat menimbulkan kerutan. Ikan salmon dan sarden mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sirkulasi darah.

Konsumsi omega-3 juga membantu menghambat efek buruk omega-6 yang ada dalam daging merah dan makanan olahan. Antioksidan yang ada dalam apel, wortel, dan teh bisa menghancurkan radikal bebas penyebab kerutan.

3. Beta karoten untuk kulit mulus

Beta karoten adalah antioksidan yang akan berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Ia juga mengaktifkan DNA yang bertugas menghasilkan sel-sel kulit baru dan melepas sel kulit yang sudah tua.

Beta karoten juga menghancurkan radikal bebas yang bisa menyebabkan mutasi DNA sehingga menimbulkan kerut. Dalam hal ini, cuka apel bermanfaat karena enzimnya bisa melepaskan sel kulit mati.

Dengan demikian, sel kulit baru akan menjaga permukaan kulit agar tetap lembut, segar, dan tahan terhadap kerusakan. Selain cuka apel, kamu bisa meraih manfaat beta karoten dari jeruk, wortel, dan tomat.

4. Vitamin C dan flavonoid agar kulit kenyal

Stroberi dan brokoli mengandung vitamin C yang akan mengaktifkan sel-sel fibroblas. Sel ini bertugas menghasilkan kolagen, yaitu lapisan padat di bawah permukaan kulit. Struktur kolagen yang sehat akan membuat kulit tetap lembut. 

Di dalam almon, terkandung lemak tak jenuh tunggal yang akan menjaga struktur lipid (lemak) kulit sehingga kulit terjaga kekenyalannya. Lalu, cokelat, teh hijau, anggur, red wine, dan cranberry juga mengandung flavonoid. 

Flavonoid punya banyak fungsi, seperti menahan kolagen, mencegah kanker, hingga meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Superantioksidan tersebut akan membuat nutrisi lain mendapatkan apa yang dibutuhkan demi menjalankan tugasnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"