8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Usia Lanjut

8 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Hingga Usia Lanjut

Ginjal adalah organ seukuran kepalan tangan yang terletak di bagian bawah tulang rusukmu, di kedua sisi tulang belakang. Mereka melakukan beberapa fungsi.

Ginjal bertugas menyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain dari darah. Produk limbah ini disimpan di kandung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Selain itu, ginjal juga bertugas mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mereka juga menghasilkan hormon yang mengatur tekanan darah dan mengontrol produksi sel darah merah.

Menjaga kesehatan ginjal penting untuk kesehatanmu secara keseluruhan. Dengan menjaga kesehatan ginjal, tubuhmu akan menyaring dan membuang limbah dengan baik dan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjaga kesehatan ginjalmu sampai usia lanjut, simak ya!

1. Tetap Aktif dan Fit

Tetap bugar dan fit dengan berolahraga teratur (rmolbanten.com)

Olahraga teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Dengan aktif bergerak kamu juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Keduanya sangat penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

2. Jaga Tekanan Darahmu

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lain seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh bisa signifikan.

Tekanan darah yang sehat adalah 120/80. Prehipertensi berada di antara titik itu dan 139/89. Perubahan gaya hidup dan pola makan dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

3. Jaga Gula Darahmu



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"