7 Sayuran yang Lebih Sehat Dimasak Daripada Dimakan Mentah

7 Sayuran yang Lebih Sehat Dimasak Daripada Dimakan Mentah

Makan makanan yang mentah, terutama sayur adalah tren kesehatan yang cukup lama. Misalnya salad dengan potongan ikan segar tanpa proses masak sama sekali.

Ada kepercayaan bahwa semakin sedikit makanan yang diproses, semakin baik. Namun, tidak semua makanan lebih bergizi jika dimakan mentah. Beberapa sayuran justru lebih bergizi jika dimasak. Apa saja sayuran yang lebih bagus dimasak? Ini 7 di antaranya: 

1. Jamur

Jamur mengandung antioksidan ergothioneine dalam jumlah besar, yang dilepaskan selama pemasakan. Antioksidan membantu memecah “radikal bebas”, bahan kimia yang dapat merusak sel kita, yang menyebabkan penyakit dan penuaan.

2. Tomat

Sayuran mentah dalam salad (fimela.com)

Memasak tomat dapat meningkatkan antioksidan likopen di dalamnya. Lycopene telah dikaitkan dengan rendahnya risiko berbagai penyakit kronis termasuk penyakit jantung dan kanker. Peningkatan jumlah likopen ini berasal dari panas yang membantu memecah dinding sel tebal, yang mengandung beberapa nutrisi penting.

Meskipun memasak tomat mengurangi kandungan vitamin C sebesar 29%, kandungan likopennya meningkat lebih dari 50% dalam waktu 30 menit setelah dimasak.

3. Bayam

Bayam kaya akan nutrisi, termasuk zat besi, magnesium, kalsium, dan seng. Namun nutrisi tersebut lebih mudah diserap saat bayam dimasak. Hal ini karena bayam mengandung asam oksalat (senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan) yang menghambat penyerapan zat besi dan kalsium. Memanaskan bayam akan melepaskan kalsium yang terikat, membuatnya lebih tersedia untuk diserap tubuh.

4. Wortel



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"