7 Pilihan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Diet Sehat

7 Pilihan Pengganti Nasi yang Cocok untuk Diet Sehat

Dalam upaya menurunkan berat badan atau diet, kebanyakan orang langsung menghapus nasi putih dari daftar makanan dan cenderung mencari makanan penggantinya. 

Meski ada beberapa makanan pengganti nasi untuk diet sehat dengan tetap mengutamakan sumber karbohidrat di dalamnya, tapi nggak jarang orang belum begitu paham apakah makanan pengganti nasinya sudah benar atau belum.

FYI, karbohidrat tetap dibutuhkan untuk tubuh, sebagai gizi primer dan sumber energi seseorang. Jadi nggak boleh terlewatkan ya.

Makanan pengganti nasi putih untuk diet sehat tetap berkontribusi menurunkan berat badan secara efektif tanpa perlu melewatkan kandungan karbohidrat yang penting bagi tubuh.

Berbagai manfaat kesehatan bisa didapatkan dengan mengkonsumsi makanan pengganti nasi untuk diet berikut ini, termasuk nutrisi baik lainnya. 

Nah, sederet makanan pengganti nasi ini bisa dimasukkan dalam daftar makanan harian kamu. Apa aja? Yuk simak ulasannya!

1. Kentang

Salah satu menu pengganti nasi bagi pelaku diet rendah kalori adalah kentang. Sering konsumsi kentang sebagai lauk selama menjalankan program diet memiliki kontribusi yang sama seperti makan nasi putih.

Kentang merupakan salah satu sayuran yang kaya karbohidrat. Selain itu, kentang juga mengandung pati resisten (pati yang tidak dapat tercerna), jadi akan membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat kentang, kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau direbus. Dari semua jenis sayuran, kentang memberi efek rasa kenyang lebih cepat.

2. Jagung

Konsumsi jagung membuat perut jadi tidak mudah lapar. Serat jagung dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga mengontrol nafsu makan.

Dalam 164 gram jagung, terkandung 41 gram karbohidrat dan 177 kalori. Jagung merupakan salah satu pilihan tepat untuk mengganti asupan karbohidrat nasi.

3. Ubi Jalar

Makanan pengganti nasi untuk diet lainnya adalah ubi jalar, makanan yang mengandung banyak serat, vitamin, magnesium dan mangan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung serta tulang.

Ubi menjadi sumber karbohidrat kompleks dengan kadar gula yang rendah. Selain itu jika dibandingkan nasi, ubi jalar memiliki lemak dan kalori lebih rendah.

4. Quinoa

Quinoa (Healthline)

Quinoa merupakan biji-bijian yang baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi saat sedang menjalankan diet sehat. Di dalamnya, terkandung kadar nutrisi tinggi seperti protein nabati, asam amino, asam omega 3, serta serat.

Dilansir dari Healthline, dalam 100gram Quinona kering mengandung 399 kcal energi, 69 gram karbohidrat, 6,3 gram lemak dan 16,5 gram protein. Kandungan protein pada quinoa lebih tinggi ketimbang beras.

Selain itu, di dalam quinoa juga terdapat juga zat phytonutrients sebagai anti-inflamasi untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh.

5. Kembang Kol

Selanjutnya, makanan diet pengganti nasi adalah kembang kol yang sudah dipotong-potong. Kembang kol adalah sumber vitamin C, serat, mangan, kalium, dan vitamin K yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Tekstur dan penampilan kembang kol yang dibumbui terlihat mirip dengan nasi, sehingga mudah buat kamu untuk menyantapnya seperti halnya makan nasi, rasanya yang netral juga bisa mengganti peran nasi.

6. Shirataki



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"