7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan Tubuh Jika Kebutuhan Cairan Terpenuhi

7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan Tubuh Jika Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Sudah banyak anjuran kesehatan yang mengatakan bahwa cairan tubuh harus tercukupi untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh lainnya. Tercukupinya kebutuhan cairan setiap hari bermanfaat untuk ginjal menyaring racun, menjaga fungsi otak, dan melindungi otot, serta persendian.

National Academy of Medicine (NAM) menyarankan per hari untuk laki-laki mengonsumsi cairan 3.700 mililiter dan perempuan sekitar 2.700 mililiter. Cairan itu nggak cuma bersumber dari air minum. Namun, bisa juga makanan yang mengandung air.

Kebutuhan cairan juga dipengaruhi oleh tingkat aktivitas dan status kesehatan. Akan tetapi, sebaiknya tidak menunda minum jika terasa haus. Sebab, terkadang kesibukan membuat seseorang terlupa untuk rutin minum.

Dilansir dari Healthline, salah satu cara untuk rajin minum air adalah dengan menyetel pengingat di ponsel. Misalnya, mengatur untuk meneguk air minum setiap 30 menit atau minum segelas air setiap jam.

Sebaiknya untuk kebutuhan cairan, banyak konsumsi air mineral sebagai cara paling sederhana yang bermanfaat. Ada baiknya mengurangi minuman manis dan mengandung gula.

Hal paling penting yang harus kamu tahu saat cairan tubuh tercukupi adalah sebagai berikut:

1. Otak

Cairan tubuh berguna dalam fungsi otak. Ketika tubuh terjaga kebutuhan cairannya, sel otak mengalirkan darah penuh oksigen. Karena tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi membuat seseorang sulit konsentrasi dan mengganggu memori jangka pendek.

2. Sel

Cairan tubuh mengangkut karbohidrat, vitamin, mineral, oksigen dan nutrisi penting lainnya ke seluruh sel dalam tubuh. Cairan tubuh turut memfasilitasi pembuangan produk limbah metabolisme sehingga zat racun bisa dikeluarkan.

3. Saluran Pencernaan

Cairan bermanfaat untuk penyerapan nutrisi dalam saluran pencernaan. Air berguna dalam proses penyerapan nutrisi ke aliran darah. Kekurangan cairan akan memperlambat proses pencernaan dan meningkatkan risiko sembelit.

7 Manfaat Kesehatan yang Dirasakan Tubuh Jika Kebutuhan Cairan Terpenuhi (KlikDokter)

4. Jantung

Cairan menjaga tekanan darah dalam kondisi yang sehat. Kekurangan cairan akan meningkatkan denyut jantung, penurunan tekanan darah. Peredaran darah pun akan terganggu dan menurunkan pasokan oksigen ke otak, otot, dan jaringan tubuh lainnya.

5. Ginjal

Sudah bukan rahasia lagi kalau cairan membantu ginjal menyaring dan membuang limbah melalui urine.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"