7 Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan, Luar Biasa Banget Ternyata!

7 Manfaat Berpuasa untuk Kesehatan, Luar Biasa Banget Ternyata!

Puasa dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan, peningkatan kontrol gula darah, dan penurunan peradangan. Mungkin juga menawarkan perlindungan terhadap kondisi tertentu seperti kanker dan gangguan neurodegeneratif.

Puasa adalah praktik yang telah berlangsung selama berabad-abad dan memainkan peran sentral dalam banyak budaya dan agama. Buat para pemeluk agama Islam yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan, berikut ini 7 manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuhmu:

1. Meningkatkan kontrol gula darah dengan mengurangi resistensi insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Cek gula darah saat puasa (suarasurabaya.net)

Satu penelitian menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Sementara itu, tinjauan tahun 2014 lainnya menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori untuk mengurangi resistensi insulin.

Penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel  dengan lebih efisien.

2. Membantu Tubuh Melawan Peradangan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"