7 Gejala Komplikasi yang Gak Boleh Diabaikan Kalau Kamu Menderita Diabetes

7 Gejala Komplikasi yang Gak Boleh Diabaikan Kalau Kamu Menderita Diabetes

Banyak orang baik tua maupun muda menderita diabetes, penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Beberapa menderita diabetes tipe 1, yang terjadi ketika pankreas gagal membuat insulin, hormon yang mengontrol kadar gula darah. Kebanyakan orang menderita diabetes tipe 2, yang terjadi ketika tubuh tidak lagi merespons insulin secara efektif.

Diabetes adalah penyakit kronis yang dapat mempengaruhi setiap sistem tubuh. Mengetahui gejala komplikasi diabetes dapat membantu agar tetap sehat dan aktif saat menangani penyakit.

Tanda dan Gejala Komplikasi Diabetes

Seseorang yang sedang cek darah (heartfoundation.org.au)

1. Mati rasa atau kesemutan di kaki

Diabetes dapat merusak saraf di tangan dan kaki. Kerusakan saraf ini (disebut neuropati diabetik atau neuropati perifer) dapat mengganggu dan menyakitkan.

Pemeriksaan medis berkala untuk tangan dan kaki adalah ide yang bagus, dan berbagai resep obat dapat meredakan nyeri saraf diabetes.

2. Disorientasi

Masalah utama pada diabetes adalah gula darah tinggi. Namun, gula darah yang terlalu rendah juga bisa berbahaya. Disorientasi dan kebingungan adalah gejala hipoglikemia, atau gula darah rendah. 

Gejala hipoglikemia lainnya termasuk bicara cadel, pusing dan perasaan gemetar atau gelisah. Perawatan hipoglikemia yang tepat diperlukan untuk mencegah koma diabetes, komplikasi diabetes yang berpotensi fatal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"