7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh dan Alami, Nggak Lagi Susah Tidur!

7 Cara Mengatasi Insomnia Paling Ampuh dan Alami, Nggak Lagi Susah Tidur!

Mengatasi insomnia dengan 7 cara mudah ini. Ampuh dan alami, lho.

Bagi manusia, tidur malam adalah kebutuhan demi mengembalikan tenaga. Bahkan ahli kesehatan pun menyarankan bagi orang dewasa agar tidur minimal 6 jam semalam.

Jika berhasil melakukannya, maka kamu berhasil menjalani gaya hidup sehat. Hasilnya, badan bakal jadi terasa lebih segar dan terlihat bugar. Jika merasakannya, kamu wajib bersyukur dan bahagia.

Namun, untuk anak muda, terlebih bagi kita yang doyan mainan gadget sebelum tidur, biasanya bakal sulit tidur di malam hari. Ahli medis menyebut kondisi ini sebagai insomnia.

Insomnia (bbc.co.uk)

Penjelasannya, insomnia adalah kondisi di mana kamu sulit untuk tidur. Kondisi ini bisa menimpa siapa saja, mulai dari yang paling muda hingga tua. Dan jika berlangsung dalam jangka waktu lama, efeknya buruk lho untuk kesehatan.

Dampak insomnia berkelanjutan

Sebagai anak muda generasi penerus bangsa, jangan sampai kamu meremehkan insomnia! Banyak efek buruk yang bakal kamu rasakan kalo kamu merasakannya. 

Dampak insomnia antara lain bisa bikin berat badan naik, libido menurun, daya ingat menurun, munculnya perasaan paranoid, dan masalah kesehatan lain.

Cara mengatasi insomnia tanpa bantuan obat

Menyusahkan dan bisa melanda siapa pun. Itulah penjelasan dan peringatan singkat mengenai penyakit insomnia. Oleh karena itu, kalo kamu mengalaminya, segera terapkan cara mengatasi insomnia ini. Nggak perlu obat dijamin alami, kok!

Insomnia (magazine.vunela.com)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan berjemur di pagi hari. FYI, menikmati sinar matahari pagi selama 10-15 menit ternyata bisa mengatur kemballi jam biologis yang kacau. Selain itu, berjemur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh di dalam tubuh.

Cara kedua adalah dengan rutin melakukan olahraga, baik pagi maupun sore. Untuk khasiat rutin berolahraga tentu sudah jadi rahasia umum, dong? Dan salah satunya adalah memperlancar peredaran darah. Dengan peredaran darah yang lancar, tidur akan terasa lebih mudah.

Cara ketiga adalah hindari tidur ayam di siang hari. Untuk kamu yang kerja di kantor, biasanya sering melakukan ini. Maka, mulai kurangilah. 

Cara mengatasi insomnia keempat yang bisa kamu terapkan adalah dengan mengurangi makan di malam hari. Faktanya, makan terlalu banyak di malam hari bisa bikin perut begah. Jika sampai hal itu terjadi, kemungkinan untuk bisa tidur pun bakal makin kecil.

Cara kelima yakni mengurangi konsumsi kafein. Sudah jadi rahasia umum juga kalo kafein bisa menghilangkan rasa kantuk. So, kalo kamu pengin memulai gaya hidup sehat, mulai deh buat mengurangi konsumsi minuman yang mengandung bahan ini.

Insomnia (webmd.com)

Cara keenamnya, kurangi kondisi stress. Menurut penelitian ahli kesehatan, stress adalah faktor terbesar yang bisa menjadi penyebab insomnia. Dengan mengurangi stress, kondisi gelisah yang menghambatmu untuk tidur pun perlahan menghilang.

Nah, cara terakhir mengatasi stress yang barangkali bisa dicoba yakni melakukan seks atau mastrubasi. Catat, baiknya sih dilakukan oleh kamu yang sudah menikah. Kalo belum, minta bantuan sabun aja, ya!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"