6 Tips Puasa Untuk Penderita Asam Lambung, Ternyata Cara Makan Kita Berpengaruh Besar Loh!

6 Tips Puasa Untuk Penderita Asam Lambung, Ternyata Cara Makan Kita Berpengaruh Besar Loh!

Bulan puasa  atau Ramadhan 2022 akan menjadi tantangan tersendiri untuk pengidap gangguan pencernaan seperti sakit asam lambung  atau yang juga dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Sebab, puasa akan membuat pola dan waktu makan mengalami perubahan yang memicu perut kosong dalam rentang waktu yang cukup lama.

Sampai akhirnya, kondisi ini memicu asam lambung naik dan menimbulkam rasa tidak nyaman dengan ditandai nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Kondisi ini tentu bisa membuat ibadah kamu terganggu. Oleh karena itu, jangan sampai asam lambung naik dan membuatmu jadi tidak maksimal menjalankan puasa. Lantas apa yang harus dilakukan? Berikut 6 tips puasa untuk penderita asam lambung.

1.    Pastikan Untuk Tetap Makan Sahur

Foto: Tips Sahur (HelloSehat)

Pertama, pastikan untuk tetap makan sahur. Seperti diketahui, sahur menjadi sumber energi selama berpuasa. Melewatkan waktu sahur bisa memperparah asam lambung di siang hari. Perut yang sudah kosong seharian ditambah tidak makan sahur sudah pasti membuat asam lambung naik. Disarankan untuk memilih menu sahur yang kaya serat karena lebih lama dicerna jadi asam lambung tidak mudah naik.

2.    Langsung Berbuka Jika Sudah Tiba Waktunya

Segera berbuka ketika waktunya tiba. Perut harus segera diisi dengan makanan setelah tidak makan dan  minum selama kurang lebih 12 jam. Jangan sampai kamu menunda dan membiarkan perut kosong lebih lama. Pasalnya, perut butuh mencerna makanan agar asam lambung yang diproduksi bisa digunakan untuk memecah makanan yang masuk ke tubuh. Sama seperti tidak makan sahur, menunda buka puasa juga bisa membuat gangguan asam lambung.

3.    Makan Porsi Kecil



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"