6 Cara Membersihkan Ususmu Secara Alami, Demi Hidup yang Lebih Sehat dan Berkualitas

6 Cara Membersihkan Ususmu Secara Alami, Demi Hidup yang Lebih Sehat dan Berkualitas

Salah satu organ penting dalam sistem pencernaan adalah usus besar. Kesehatan usus besar adalah bagian penting dari kesehatan pencernaan.

Dengan pencernaan yang sehat, kamu akan merasakan kebahagiaan dan hidup yang berkualitas.

Itulah kenapa usus besar harus dibersihkan untuk kesehatan pencernaan yang optimal. Namun, penelitian yang membuktikan efektivitas pembersihan masih sedikit dan kualitasnya rendah.

1. Minum Banyak Air

Minum banyak air adalah cara yang bagus untuk mengatur pencernaan. Minum air hangat telah terbukti baik untuk pencernaan juga.

Selain itu, cobalah makan banyak makanan yang tinggi kandungan air. Ini termasuk buah-buahan dan sayuran seperti semangka, tomat, selada, dan seledri.

Faktanya, ada banyak makanan yang membantu membersihkan usus besar secara alami melalui pola makan.

Ciri usus kotor (immanuel-notes.com)

2. Air Garam

Kamu juga bisa mencoba minum air garam jika mengalami sembelit dan BAB tidak teratur.

Namun, perlu diingat bahwa hanya ada sedikit bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa minum air garam untuk membersihkan usus besar berhasil:

Sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa meminum larutan garam suam-suam kuku secara berkala saat melakukan pose yoga lebih efektif dalam pembersihan usus sebelum kolonoskopi daripada larutan pembersih khusus.

Studi lain pada tahun 2018 menemukan bahwa penggunaan larutan natrium fosfat bekerja dengan baik dalam membersihkan usus besar. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengevaluasi pembersihan saline dalam konteks persiapan kolonoskopi.

Jika kamu ingin mencoba pembersihan air asin sendiri, sebaiknya bicarakan dengan dokter terlebih dahulu. Setelah kamu siap mencobanya, berikut beberapa tip tentang cara melakukannya.

Sebelum makan di pagi hari, campurkan 2 sendok teh garam dengan air hangat. Orang sering menggunakan garam laut atau garam Himalaya.

Minumlah air dengan cepat saat perut kosong, dan dalam beberapa menit, kamu mungkin merasakan keinginan untuk pergi ke kamar mandi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"