5 Trik Bikin Gorengan Versi Lebih Sehat Biar Bebas Makan Tanpa Rasa Bersalah

5 Trik Bikin Gorengan Versi Lebih Sehat Biar Bebas Makan Tanpa Rasa Bersalah

Sebutin salah satu jenis makanan yang selalu menggoda waktu buka puasa? Gorengan! Nggak ngerti kenapa tapi jajanan gorengan kayak bakwan, tahu isi, risol, martabak mini, dan teman-temannya tuh kayak menarik perhatian banget. Kamu pasti setuju, kan? 

Walau bikin pengen dimakan tiap hari, jangan lupa kalau cemilan ini tuh ngga sehat. Soalnya termasuk jajanan tinggi kalori dan tinggi lemak trans pula. Bisa bikin berat badan naik dan lemak trans sendiri bisa memicu berbagai penyakit kayak diabetes dan penyakit jantung. 

Tapi gimana dong melepaskan diri dari jeratan gorengan? Sebenarnya kamu boleh aja sih makan gorengan, tapi nggak setiap hari, jumlahnya pun harus dibatasi. Nggak langsung habisin sepiring juga gengs! 

Nah, biar nggak merasa bersalah, kamu juga bisa bikin sendiri gorengan di rumah dengan cara yang lebih sehat. Tapi ingat, batasi jumlahnya! 

Berikut cara bikin gorengan versi lebih sehat~ 

Tepung 

Kalau pengen lebih sehat, sebaiknya hindarin tepung serbaguna yang dijual di pasaran ya. Memang sih rasanya enak dan tekstur gorengan pun lebih baik. Tapi kandungan gluten di dalam tepung biasa tuh terlalu tinggi dan nggak sehat. Sebaiknya, ganti dengan tepung beras, tepung singkong, atau tepung jagung aja, gengs. 

Pakai minyak baru 

Jangan pakai minyak yang udah digunakan berulang-ulang, bahkan sampai kehitaman. Lebih baik pakai minyak baru aja biar lebih sehat. Nah, kalau mau lebih ekstra, kamu bisa ganti minyak goreng biasa dengan minyak kelapa atau minyak zaitun.

Baking soda

Pas bikin adonan tepung, kamu bisa nambahin sedikit baking soda. Fungsinya biar gelembung dalam adonan bisa hilang waktu kamu menggoreng. Ketika gelembungnya nggak ada, penyerapan minyak jadi berkurang. Gini lho caranya bikin gorengan yang kering dan terasa nggak berminyak pas dimakan. Cobain deh dipraktekin karena perbedaannya beneran berasa. 

Cara menggoreng dan meniriskan 

Perhatikan cara kamu menggoreng. Sebaiknya tunggu dulu sampai minyak benar-benar panas lalu masukin adonan. Kalau minyak belum panas, nantinya gorengan bisa lebih banyak menyerap minyak. Terus kalau sudah matang, jangan lupa ditiriskan dan serap minyak berlebih dengan tisu dapur. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"