SM Entertainment Diduga Lakukan Sabotase Album Comeback EXO, Isu Berawal Dari Pengakuan Produser

SM Entertainment Diduga Lakukan Sabotase Album Comeback EXO, Isu Berawal Dari Pengakuan Produser

EXO akhirnya resmi comeback grup dengan merilis album ketujuh bertajuk EXIST pada 10 Juli 2023. Total ada 9 lagu yang dimuat dalam album itu diantaranya Cream Soda, Regret It, Hear Me Out, Private Part, Cinderella, No Makeup, Love Fool, Another Day dan Let Me In.

Namun sayangnya, comeback EXO ini diwarnai sejumlah ketidakpuasan dari para penggemar mereka yang disapa EXO-L. Salah satunya beredar spekulasi bahwa SM Entertainment selaku agensi yang menaungi EXO diduga melakukan sabotase dalam comeback artisnya. 

Rumor ini sendiri muncul setelah produser Marz/MZMC melakukan siaran langsung untuk berkomunikasi dengan EXO-L. Dalam live-nya, produser bernama asli Paul Thompson ini mengungkapkan bahwa SM tidak merilis lagu Cinderella dalam versi yang seharusnya. 

Pengakuan Produser Marz Soal Lagu Cinderella Milik EXO (Wowkeren)

Marz menduga SM melupakan atau sengaja menghapus suara drum yang seharusnya ditambahkan di bagian bridge dari Cinderella. Di mana, dalam versi demo part Baekhyun di menit 1.30 seharusnya diikuti dengan suara drum. 

Namun dalam versi yang dirilis, Marz menggambarkannya sebagai 'kosong' setelah suara drum tersebut dihilangkan. Lebih lanjut, Marz menyiratkan bahwa dia tidak bisa memperbaiki ataupun mengomentari hal ini karena agensi yang membuat keputusan akhir.

Marz/MZMC juga menyayangkan sikap SM Entertainment yang tidak mengizinkannya untuk mendengarkan versi final lagu tersebut sebelum dirilis. Padahal biasanya, sebagian besar agensi tempat dia bekerja selalu memperbolehkannya untuk mendengar lagu garapannya kembali.

Sontak saja, melihat semua hal yang terjadi antara EXO dan SM Entertainment akhir-akhir ini membuat penggemar menganggap ini sebagai tanda jika perusahaan sengaja salah dalam mengelola dan memperlakukan Suho dkk. Hal itu pun membuat fans geram pada SM.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"