5 Rempah-Rempah Asli Indonesia Yang Ampuh Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

5 Rempah-Rempah Asli Indonesia Yang Ampuh Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain dari pola makan dan olahraga, kamu juga bisa lho meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi rempah-rempah. Tujuannya tentu biar nggak gampang sakit dan tetap sehat walau orang-orang di sekitarmu mungkin ada yang kurang fit. 

Apalagi di Indonesia ini kaya banget sama rempah-rempah alami yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Untuk rempahnya sendiri, bisa dikonsumsi dalam bentuk jamu, dicampur ke masakan, atau cuma direbus dengan air. 

Apa aja sih rempah-rempah yang bisa kamu konsumsi untuk bikin daya tahan tubuh lebih oke? 

Jahe

Jahe Rempah (Overallhealth.in)

Jahe nih emang jadi andalan buat berbagai masalah kesehatan sejak lama. Rempah yang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Udah gitu, jahe juga bisa ngurangin peradangan, mual, sakit perut, sakit tenggorokan, dan nurunin risiko infeksi serta bakteri. 

Untuk mengonsumsi jahe sih cukup mudah ya, kamu bisa rebus bareng air sampai mendidih, terus minum deh. Biar nggak bosan, bisa ditambahin teh, lemon, madu, atau susu. Enak banget dan bikin perut hangat~ 

Temulawak

Temulawak Rempah (Hellosehat.com)

Kamu juga bisa nih mengonsumsi temulawak untuk ningkatin daya tahan tubuh. Rempah dengan nama latin curcuma xanthorrhiza sekilas memang mirip kunyit, tapi beda. Temulawak juga kaya akan antioksidan yang bisa ningkatin metabolisme dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Rempah ini bahkan diyakini bisa ningkatin kemampuan otak dan bikin suasana hati lebih baik. 

Temulawak biasanya banyak yang jual udah jadi jamu botolan atau bubuk. Tapi kamu juga bisa mengolahnya sendiri dengan direbus bareng kunyit, jahe, lalu ditambahin madu biar lebih enak. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"