5 Masalah Kesehatan yang Muncul akibat Cuaca Ekstrim, Kasusnya Makin Meningkat!

5 Masalah Kesehatan yang Muncul akibat Cuaca Ekstrim, Kasusnya Makin Meningkat!

Sebagaimana diketahui, belakangan ini fenonema heatwave muncul di berbagai negara, termasuk Asia, yang berimbas pada munculnya cuaca ekstrim. Suhu yang terlalu tinggi akibat cuaca ekstrim dapat membawa dampak serius bagi kesehatan, terutama jika tidak diwaspadai dengan baik.

Berbagai penyakit dapat muncul atau memperburuk kondisi saat cuaca berubah secara drastis. Berikut adalah beberapa penyakit yang sering kali muncul akibat cuaca ekstrim. Sebaiknya hati-hati dan mulai lakukan tindakan antisipasi.

1. Migrain

Pernah tiba-tiba pusing setelah melakukan aktivitas di bawah sinar matahari? Perubahan suhu dan tekanan udara yang ekstrim dapat menjadi pemicu serangan migrain bagi banyak orang. Cuaca yang terlalu panas atau terlalu dingin, serta perubahan mendadak dalam kondisi atmosfer, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan meningkatkan risiko migrain.

2. ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas)

Masalah Kesehatan Akibat Cuaca Ekstrim (via detikcom)

Cuaca ekstrim, terutama cuaca yang sangat dingin atau sangat panas, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini dapat menyebabkan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan gejala lainnya yang terkait dengan ISPA. Sebagai contoh, selama cuaca ekstrim berlangsung angka kasus asma semakin meningkat.

3. Sakit Mata

Paparan sinar UV yang berlebihan saat cuaca panas dan terik dapat menyebabkan iritasi pada mata dan meningkatkan risiko terjadinya konjungtivitis atau peradangan pada mata. Di sisi lain, angin kencang dan debu saat cuaca berangin dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada mata.

4. Panas Dalam



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"