5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan, Mulai dari Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Mood

5 Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan, Mulai dari Turunkan Berat Badan hingga Tingkatkan Mood

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa air putih punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama jika dikonsumi pada pagi hari setelah bangun tidur. Meski demikian, banyak juga lho yang masih enggan untuk memenuhi kebutuhannya tubuhnya akan cairan menyegarkan tersebut.

Nah, kalau kamu juga salah satu yang termasuk, berikut lima manfaat minum air putih di pagi hari untuk kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui biar nggak males minum air putih lagi. Disimak, ya!

Meminum air putih di pagi hari atau sebelum sarapan merupakan sebuah kebiasaan yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan minum air putih di pagi hari dapat membantu menghidrasi sistem pada tubuh manusia.

Adapun manfaat dari minum air putih di pagi hari di antaranya mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan suasana hati atau mood seseorang. Nggak cuma itu, masih ada beberapa manfaat lain meminum air putih di pagi hari untuk kesehatan. Lalu, apa aja manfaat tersebut? Kepoin terus sampai habis, Gengs!

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari untuk Kesehatan (goodlife.id)

Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Dikutip dari medicalnewstoday, berikut lima manfaat meminum air putih di pagi hari:

1. Menurunkan Berat Badan

Sebagian orang percaya bahwa minum air di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Sejalan dengan hal tersebut, sebuah studi pada 2019 mengungkapkan bahwa asupan cairan yang lebih tinggi memiliki dapat meningkatkan komposisi tubuh pada orang dewasa. Selain itu, orang dewasa mengalami penurunan berat badan ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan selama 12 minggu.

2. Menjaga Kinerja Mental

Air putih dapat berdampak pada kinerja dan kesehatan mental seseorang. Sebuah studi pada 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif, ditemukan bahwa ada tren peningkatan kinerja mental.

Selain itu, sebuah penelitian pada 2019 lainnya, menemukan bahwa dehidrasi memiliki efek negatif pada memori dan fokus. Memori dan fokus mengalami peningkatan setelah kembali terhidrasi. Oleh karena itu, jika seseorang ingin meningkatkan kinerja dan kesehatan mentalnya, disarankan untuk minum air putih, khususnya di pagi hari.

3. Meningkatkan Suasana Hati atau Mood

Minum air putih juga dapat memiliki efek positif pada suasana hati seseorang. Sebuah studi pada 2019, menemukan bahwa dehidrasi mampu membuat suasana hati menjada buruk dan tidak terkendali. Oleh karena itu, disarankan untuk minum air putih sepanjang hari untuk meningkatkan suasana hati, serta menjaga agar suasana hati tetap stabil.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"