5 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

5 Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Bantu Turunkan Berat Badan!

Siapa nih yang suka mengonsumsi chia seed? Ternyata, terdapat banyak manfaat yang berada di dalamnya, lho. Biji chia yang berasal dari Salvia hispanica ini merupakan bagian dari keluarga tanaman mint.

Banyak orang sering menganggap bahwa biji chia sama dengan biji selasih. Padahal, keduanya sangat berbeda. Biji selasih ini berasal dari tanaman kemangi, biasanya daunnya sering dikonsumsi sebagai lalapan, pelengkap makanan agar lebih lezat.

Bentuk biji chia sendiri sangat kecil, kamu bisa tambahkan ke dalam minuman atau makanan. Bagi kamu yang ingin mulai mengonsumsi biji chia, kamu perlu ketahui manfaatnya yang baik bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat dari chia seed. Simak, ya!

1. Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

 

Penyakit jantung dapat dipicu oleh berbagai hal. Beberapa di antaranya seperti rokok, diabetes, pola makan yang tidak sehat, hingga adanya riwayat kesehatan keluarga. Sedangkan penyebab umum penyakit jantung terjadi karena adanya gangguan atau kerusakan pada organ jantung seseorang.

Dikutip dari Web MD, biji chia memiliki kandungan quercetin atau kuersetin yang menjadi antioksidan untuk menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dengan membuat jantung kamu semakin sehat.

Selain itu, chia seed juga memiliki kandungan yang kaya akan serat dan omega 3s. Serat larut yang ada dalam chia seed bisa menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat atau LDL di dalam darah. Sedangkan mengonsumsi asam lemak omega 3s dikenal sebagai alpha-linolenic acid (ALA) yang bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Manfaat Chia Seed untuk Kesehatan (KlikDokter)

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa memberikan dampak bagi kesehatan kamu. Misalnya, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan lainnya. Jika kamu ingin menurunkan berat badan hingga mencapai berat ideal, kamu bisa mulai konsumsi biji chia yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Dikutip dari Healthline, biji chia memiliki kandungan serat dan protein yang bisa membantu menurunkan berat badan. Jika terdapat 28 gram biji chia, maka terdiri dari sekitar 10 gram serat makanan.

Kamu bisa konsumsi biji chia dengan berbagai cara penyajian, seperti masukkan ke dalam smoothie, pudding, atau taburan buah potong. Semuanya bisa disantap dengan nikmat. Konsumsi biji chia juga bisa menjadi cara menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.

3. Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi kamu yang memiliki kadar gulah darah terlalu tinggi yang terjadi secara terus menerus, maka kemungkinan bisa terkena berbagai macam penyakit kronis, diantaranya seperti komplikasi diabetes. Namun, kamu bisa menjaga kadar gula darah dengan asupan makanan yang sehat, seperti biji chia.

Dilansir dari Web MD, biji chia ini bisa membantu kamu dalam meningkatkan ketahanan insulin hingga menjaga kestabilan kadar gula darahmu.

Jika kamu penderita diabetes tipe 2, kamu bisa mulai konsumsi chia seed dengan cara yang mudah, seperti campurkan dengan roti, lalu dipanggang. Rasanya akan tetap nikmat!



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"